Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kompos Cacing di Rumah, Mudah dan Murah

Kompas.com - 02/05/2023, 21:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cacing merupakan makroorganisme tanah yang memiliki peran penting untuk menyuburkan tanah. Cacing bisa mempercepat proses pengomposan di tanah.

Tak hanya itu, kotoran cacing juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Pupuk tersebut dikenal dengan nama kascing atau vermikompos.

Pupuk tersebut mengandung unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Proses pembuatan kompos cacing ternyata tidak sulit.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kascing dengan Mudah dan Praktis

Bahkan, kompos ini dapat dibuat dengan mudah di rumah. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (2/5/2023), berikut cara membuat kompos cacing di rumah.

Proses pembuatan kompos cacing di rumah

Sebelum membuat kompos dari kotoran cacing, siapkan terlebih dahulu kotak kayu atau kotak plastik sebagai wadah. Jika wadah tersebut memiliki tutup, pastikan tutup tersebut terdapat lubang sebagai sirkulasi udara.

Cacing tanah adalah salah satu contoh organisme tanahpixabay.com Cacing tanah adalah salah satu contoh organisme tanah

Setelah itu, buat lapisan untuk tempat tinggal cacing. Perlu dipahami bahwa cacing menyukai media yang lembap dan basah seperti cacahan daun, kertas koran, atau kompos yang sudah jadi.

Kemudian, letakkan cacing dan beri makan berupa sisa makanan atau sampah dapur. Pastikan hanya memasukkan bahan makanan dari sayur atau buah.

Baca juga: Tidak Sulit, Proses Pembuatan Pupuk Kompos dari Sampah Organik

Jangan memberi makan daging, susu, dan olahannya. Sisa makanan atau sampah dapur juga perlu dicacah untuk mempermudah proses penguraian.

Anda bisa memberikan makan sedikit demi sedikit untuk mencegah aroma yang tidak sedap. Beberapa minggu setelahnya, buka dan amati sampah yang terdapat di dalam wadah.

Jika sudah terurai, maka Anda bisa memanen kompos tersebut. Pupuk kompos cacing tersebut sudah siap untuk digunakan.

Cara membuat kompos cacing di rumah dapat diulang dengan catatan, tambahkan sebagian pupuk kompos cacing yang telah dibuat sebelumnya sebagai bibit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com