Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pestisida dari Kecubung, Bisa Kendalikan Wereng

Kompas.com - 12/06/2023, 19:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecubung merupakan tanaman perdu tingginya sekitar 0,5 hingga 2 meter. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Sejauh ini, kita mengenal kecubung sebagai tanaman yang buahnya bisa memabukan dan menyebabkan halusinasi. Hal inilah yang membuat tanaman ini jarang dibudidayakan karena dinilai tidak bermanfaat.

Padahal, kecubung bisa diolah menjadi pestisida nabati. Daun dan buah kecubung diketahui ampuh untuk mengusir beberapa hama, terutama dari kelompok serangga.

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Gamal

Hama apa saja yang bisa diatasi dengan kecubung? Dan bagaimana cara membuat pestisida dari kecubung? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Hama dan patogen sasaran pestisida dari kecubung

buah kecubungShutterstock buah kecubung

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (12/6/2023), daun kecubung diketahui bisa mengendalikan virus pada timun, virus mosaik pada tembakau, virus cincin tembakau, dan lain sebagainya.

Sementara itu, buah kecubung dapat mengendalikan Aphis gossypii, wereng, walang sangit, dan lain sebagainya. Daun dan bijinya juga dapat dimanfaatkan sebagai rodentisida untuk mengendalikan tikus. Ekstrak biji kecubung juga bisa mengendalikan hama Plutella xylostella.

Cara membuat pestisida dari kecubung

Sebanyak 2 butir buah kecubung dan 1 kilogram buah tuba direbus dalam air mendidih, kemudian disaring. Setiap 1 liter air rebusan dicampur dengan 16 liter air dan semprotkan ke tanaman yang terserang wereng.

Baca juga: Begini Cara Membuat Pestisida Organik dari Daun Sirih dan Daun Pepaya

Sementara itu, untuk mengendalikan walang sangit buah kecubung sebanyak 2 butir dan 1 kilogram brotowali direbus dalam 16 liter air. Lalu, air hasil rebusan disemprotkan ke tanaman yang terserang walang sangit.

Untuk mengendalikan hama Plutella xylostella pada kubus cukup haluskan 1/5 kilogram daun atau biji kecubung. Kemudian, rendam dalam 1 liter air dan tambahkan 1 gram deterjen atau sabun colek.

Diamkan campuran tersebut selama 24 jam, lalu saring. Campurkan larutan tersebut dengan air agar konsentrasinya menjadi 1 persen atau dalam 10 mililiter larutan pestisida dicampur dalam 1 liter air. Terakhir, aplikasikan ke tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com