Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menanam Lidah Buaya di Polybag

Kompas.com - 29/11/2022, 11:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya adalah tanaman yang kaya manfaat. Biasanya lidah buaya dijadikan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan atau diolah menjadi minuman segar.

Lidah buaya cukup mudah ditanam, bahkan bisa dibudidayakan dalam polybag. Dengan demikian, Anda bisa menanam polybag di mana saja, tak terkecuali di lahan sempit.

Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (29/11/2022), berikut tata cara menanam lidah buaya di polybag dengan mudah.

Baca juga: Cara Menanam Lidah Buaya agar Panennya Melimpah

Menyiapkan media tanam

Ilustrasi tanaman lidah buaya. PEXELS/CINTIA SIQEUIRA Ilustrasi tanaman lidah buaya.

Media tanam yang digunakan untuk budidaya lidah buaya yaitu dari campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Media tanam tersebut kemudian diletakkan dalam polybag berukuran besar.

Penanaman

Bibit lidah buaya bisa didapatkan dari anakan yang melekat di dekat tanaman induk. Ambil anakan tersebut dan pastikan akar tidak putus.

Setelah itu, tanam anakan lidah buaya pada media tanam yang sudah disiapkan. Tanam lidah buaya dengan kedalaman 10 cm.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Bonggol Aglonema agar Cepat Bertunas

Pemeliharaan tanaman

Tanaman lidah buaya akan tumbuh dengan baik apabila dirawat dengan maksimal. Perawatan yang diperlukan tanaman lidah buaya, antara lain;

  • Pemupukan: kegiatan menambahkan nutrisi yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.
  • Pembumbunan dan penyiangan: berguna untuk menggemburkan tanah dan menutup akar yang muncul ke permukaan tanah. Sementara itu, penyiangan bertujuan untuk membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar area budidaya.
  • Pemisahan anakan: jika tanaman lidah buaya memiliki banyak anakan, maka pisahkan anakan tersebut agar bisa digunakan untuk bibit. Pemisahan anakan dilakukan saat tanaman berumur 5 sampai 6 bulan.

Baca juga: Tips Menanam Aglonema agar Tumbuh Subur dan Berdaun Banyak

Panen

Tanaman lidah buaya sudah bisa dipanen ketika berumur 6 bulan. Walaupun demikian, lidah buaya sering dipanen saat berumur 1 tahun dan bisa dipanen terus menerus setiap bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com