Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Begini Cara Menanam Bonggol Aglonema agar Cepat Bertunas

Kompas.com - 16/08/2022, 19:56 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas relatif mudah. Cara ini termasuk teknik perbanyakan aglonema secara vegetatif.

Aglonema merupakan tanaman hias yang memiliki banyak jenis. Warna dan motif yang beragam pada daunnya, membuat tanaman ini banyak disukai.

Jika melihat pada sejarahnya, tanaman ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1920. Pada saat itu, ditemukan Aglaonema novoguineense Engi dan Aglaonema simplex BL di Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Tips Merawat Anakan Aglonema Agar Cepat Besar

Secara umum, tanaman hias ini berasal dari negara-negara Asia yang iklimnya tropis. Di habitat aslinya, aglonema atau aglaonema tumbuh subur di hutan tropis yang teduh.

Tanaman ini berukuran relatif kecil, sehingga sangat cocok menjadi hiasan teras rumah atau ruang tamu. Tanaman ini juga bisa hidup di ruangan ber-AC hingga satu bulan.

Perawatannya pun tidak sulit, sehingga siapa saja bisa menanam tanaman hias ini.

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Red Sumatra atau Aglonema Pride of Sumatra.SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Red Sumatra atau Aglonema Pride of Sumatra.

Cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas

Secara umum, aglonema bisa diperbanyak dengan dua cara yaitu cara generatif dan vegetatif. Perbanyakan vegetatif banyak dipilih karena relatif mudah dan hasil tanamannya juga bagus.

Baca juga: 4 Hal yang Sering Membuat Aglonema Tidak Mau Bertunas

Salah satu cara perbanyakan vegetatif yang biasa dilakukan pembudidaya aglonema yaitu memperbanyak tanaman dengan memotong bonggol tanaman induk. Meskipun mudah, perbanyakan dengan cara ini harus memperhatikan kondisi tanaman induk.

Dikutip dari buku Agar Tanaman Hias Tampil Cantik, Selasa (16/8/2022), berikut ini syarat tanaman aglonema yang bisa digunakan sebagai tanaman induk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com