Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ciri-ciri Jamur Kuping Siap Panen

Kompas.com - 12/04/2023, 14:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Jamur ini memiliki rasa yang enak dan bernilai gizi tinggi.

Prospek budidaya jamur kuping cukup baik. Namun, untuk mendapatkan jamur kuping yang bernilai jual tinggi, pemanenan harus dilakukan tepat waktu.

Pasalnya, waktu panen sangat mempengaruhi kualitas dan nilai jual jamur tersebut. Lantas, bagaimana ciri ciri jamur kuping siap panen? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Jamur Kuping, Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Ciri-ciri jamur kuping siap panen

Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, jamur kuping yang sudah siap panen memiliki ukuran yang optimal. Biasanya, jamur kuping yang siap panen bentuknya mulai mengerut dan dibagian pinggir tudungnya mulai menipis.

Jika sudah ditemukan ciri seperti itu, maka jamur kuping harus segera dipanen. Cara panennya dengan mencabut seluruh bagian jamur kuping.

Ilustrasi jamur kuping, budidaya jamur kuping. SHUTTERSTOCK/MAXASRORY Ilustrasi jamur kuping, budidaya jamur kuping.

Pasca panen jamur kuping

Selain memperhatikan ciri-ciri jamur yang siap panen, kegiatan pasca panen juga penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan jamur ini mudah rusak, sehingga setelah dipanen harus segera diberi perlakuan khusus.

Baca juga: Cara Budidaya Jamur Kuping, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Dikutip dari buku Budidaya Jamur Kuping, Rabu (12/4/2023), sebelum dipasarkan jamur kuping yang basah harus segera dibersihkan. Setelah itu, jamur kuping dikemas dalam kantong plastik, styrofoam, atau wadah pengemasan lainnya.

Selain dipasarkan dalam kondisi basah, jamur kuping juga bisa diperjual belikan dalam kondisi kering. Jika ingin dijual dalam kondisi kering, maka jamur kuping harus dikeringkan terlebih dahulu. Pengeringan bisa secara alami dengan memanfaatkan sinar matahari atau menggunakan alat pengeringan.

Setelah itu, jamur kuping kering dikemas dalam wadah yang bersih dan siap untuk dijual di pasar atau supermarket.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com