Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencangkok Tanaman

Kompas.com - 13/09/2022, 14:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan. Tujuan mencangkok tanaman adalah untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan.

Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar telah tumbuh.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (13/9/2022) cangkok adalah cara perkembangbiakan pada tanaman dengan menanam batang atau dahan yang diusahakan berakar terlebih dahulu sebelum dipotong dan ditanam di tempat lain.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mencangkok Durian

 

Ilustrasi cangkok tanaman, mencangkok tanaman. SHUTTERSTOCK/LEISURETIME70 Ilustrasi cangkok tanaman, mencangkok tanaman.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tanaman bisa dicangkok. Tanaman yang bisa dicangkok hanya tanaman dikotil dan tanaman biji terbuka.

Cara mencangkok tanaman sangat istimewa terutama untuk tanaman buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya.

Berbeda jika perkembangbiakan dilakukan dengan menanam biji, terkadang tanaman yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

Syarat tanaman yang bisa dicangkok adalah batangnya memiliki kambium, tidak terlalu tua dan tidak juga terlalu muda, serta ukurannya kira-kira sebesar ibu jari kaki orang dewasa.

Baca juga: Cara Mencangkok Tanaman Mangga, Mudah Dilakukan

Berikut cara mencangkok tanaman.

Pertama, buat keratan melingkar berjarak 3 sampai 5 cm. Kupas bulit batang sampai terlihat kambiumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com