Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Merawat Pohon Durian agar Panennya Maksimal

Kompas.com - 13/09/2022, 11:57 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian merupakan tanaman tahunan yang perawatannya tidak sesering tanaman semusim. Walapun demikian, cara merawat pohon durian perlu dilakukan secara optimal agar hasil panennya maksimal.

Perawatan tanaman durian meliputi pemupukan, pemangkasan, pengairan, dan penyiangan. Mengutip dari buku Bertanam Durian Unggul, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: 4 Perawatan Tanaman Durian agar Tumbuh Subur dan Berbuah Banyak

1. Pemberian pupuk yang tepat

Pupuk merupakan salah satu kebutuhan dalam budi daya tanaman yang sangat mempengaruhi hasil panen komoditas pertanian. Pemberian pupuk dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.

Ilustrasi buah durian, pohon durian.UNSPLASH/HASBI KURNIA Ilustrasi buah durian, pohon durian.

Pada budi daya durian, pemupukan dalam dua fase yaitu saat fase pertumbuhan dan pembuahan. Di fase pertumbuhan, pupuk diberikan mulai dari awal pertumbuhan hingga tanaman berumur tiga tahun.

Pada fase pembuatan, pemupukan dilakukan saat awal pembungaan sampai 60 hari setelah buah terbentuk atau seusai panen. Pemupukan di fase ini dilakukan rutin setiap 15 hari sekali.

Jenis pupuk yang diberikan saat awap pertumbuhan yaitu pupuk NPK yang kaya nitrogen. Sedangkan, jenis pupuk yang diberikan pada fase pembuahan yaitu pupuk cair atau pupuk organik cair.

Baca juga: 8 Jenis Pupuk yang Bagus untuk Pohon Durian

2. Memangkas tanaman

Cara merawat pohon durian berikutnya yaitu melakukan pemangkasan. Kegiatan ini bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman maksimal.

Selain itu, memangkas tanaman juga dapat mempermudah pemeliharaan lainnya. Adapun cara memangkas pohon durian, seperti berikut ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com