Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Penyakit Hawar Daun Padi yang Efektif dan Efisien

Kompas.com - 22/10/2022, 11:17 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyakit tanaman menjadi salah satu gangguan dalam budidaya tanaman, tak terkecuali tanaman padi. Ada banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman pangan ini, salah satunya penyakit hawar daun padi.

Hawar daun tanaman padi sering disebut juga sebagai penyakit kresek. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae. Serangangan patogen tersebut bisa ditemukan pada fase tanaman muda ataupun tua.

Jika menyerang di awal pertumbuhan, maka tanaman menjadi layu dan mati. Sementara itu, saat tanaman mulai dewasa, akan muncul gejala hawar yang dimulai dari tepi daun berwarna keabu-abuan dan lama kelamaan akan menjadi kering.

Baca juga: Gejala Penyakit Kresek pada Padi dan Cara Mengendalikannya

Apabila patogen menyerang saat tanaman mulai berbunga, maka proses pengisian gabah menjadi tidak sempurna. Hal tersebut menyebabkan gabah hampa.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (22/10/2022), berikut cara mengendalikan penyakit hawar daun padi yang efektif dan efisien.

Ilustrasi tanaman padiShutterstock/su prasert Ilustrasi tanaman padi

Penggunaan pupuk kalium

Penggunaan pupuk kalium diketahui bisa mengendalikan penyakit hawar daun padi. Meskipun tidak menghilangkan sepenuhnya, namun penggunaan pupuk kalium bisa menurunkan tingkat keparahan penyakit ini.

Menggunakan varietas tahan hawar bakteri

Penggunaan varietas tahan merupakan pengendalian preventif serangan penyakit ini. Oleh karena itu, sebelum menanam padi, sebaiknya pilih dan pastikan varietas yang ditanam tahan penyakit hawar bakteri.

Baca juga: Ciri-ciri Tanaman Padi Terkena Penyakit Kresek dan Cara Mengatasinya

Menanam dengan sistem jajar legowo

Penanaman padi dengan sistem jajar legowo bisa memperbaiki iklim yang ada di sekitar tanaman. Sistem tanam ini bisa memperbaiki aerasi dan paparan sinar matahari. Kedua hal ini bisa menekan pertumbuhan patogen penyebab penyakit kresek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com