Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Mangga yang Banyak Ditanam di Indonesia

Kompas.com - 20/11/2022, 11:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangga merupakan buah yang populer di Indonesia. Banyak jenis mangga yang ditanam di Indonesia mulai dari varietas lokal hingga mancanegara.

Dilansir dari buku Menanam & Membuahkan Mangga dalam Pot, Minggu (20/11/2022), berikut beberapa jenis buah mangga yang banyak ditanam dan beredar di pasaran.

1. Cengkir

Cengkir merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditanam di Indonesia. buah mangga ini memiliki bentuk jorong dengan berat 512 gram/buah.

Baca juga: Cara Menanam Mangga yang Benar agar Berbuah Banyak

Kulit buah mangga cengkir agak tebal, halus, dan berlilin. Ketika masak, warna pangkal kulitnya berubah menjadi kuning dan warna pucuknya hijau.

Daging buah mangga ini berwarna kuning ketika masak. Daging buahnya tebal, lunang, berserat harus, berkadar air sedang, aroma harum, rasa manis, dan biji berukuran sedang berseret pendek.

Ilustrasi tanaman mangga, pohon mangga, buah mangga. PIXABAY/LOGGAWIGGLER Ilustrasi tanaman mangga, pohon mangga, buah mangga.

Meskipun demikian, buah mangga cengkir ini lebih enak dinikmati saat masih setengah matang atau mengkel karena dagingnya lebih renyah dan gurih.

2. Chok’anan

Jenis buah mangga lainnya yaitu chok’anan. Buah ini memiliki berat sekitar 500 sampai 600 gram/buah.

Kulit buah ini berwarna kuning tua dengan tebal sekitar 0,2 cm. ketika masak, daging buahnya berwarna kuning tua dengan rasa manis agak tawar. Mangga ini bisa berbuah di sepanjang tahun.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Okulasi Pohon Mangga

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com