Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pestisida dari Biji Buah Jarak, Bisa Menghalau Serangga

Kompas.com - 16/01/2023, 11:04 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jarak merupakan tanaman liar yang biasanya tumbuh di hutan, semak-semak, lahan kosong di dataran rendah, atau di sepanjang pantai. Akan tetapi, saat ini jarak sudah banyak ditanam sebagai komoditas perkebunan yang menguntungkan.

Salah satu bagian dari tumbuhan jarak yang banyak dimanfaatkan yaitu biji buahnya. Biji buah jarak diketahui bisa diolah sebagai pestisida nabati.

Dilansir dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Senin (16/1/2023), biji buah jarak diketahui mengandung senyawa aktif seperti; trigliserida, asam palmitat, asam isorisinoleat, asam risinoleat, asam linoleat, asam linolenat, asam dihidroksi stearat, dan asam stearat.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Brotowali

Selain itu, biji buah jarak juga mengandung alkaloid risin, senyawa enim, saponin, dan beragam senyawa flavonoid. Kandungan tersebut yang membuat biji buah jarak cocok diolah menjadi pestisida organik.

Ilustrasi pestisida nabati, penggunaan pestisida nabati untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/VERVERIDIS VASILIS Ilustrasi pestisida nabati, penggunaan pestisida nabati untuk tanaman.

Cara kerja pestisida dari biji buah jarak yaitu menghambat pembentukan telur ovisida, dan menghambat perkembangan hama serangga. Adapun cara membuat pestisida dari biji buah jarak, seperti berikut:

Persiapan alat dan bahan

Sebelum mulai membuat pestisida dari biji jarak, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Jahe, Mudah dan Ramah Lingkungan

  • Blender
  • Saringan
  • Ember
  • Biji buah jarak
  • Minyak tanah 1 sendok teh
  • Air bersih 1 liter
  • Sabun

Cara membuat pestisida dari biji buah jarak

Setelah semua alat dan bahan tersedia, tahapan selanjutnya yaitu membuat pestisida organik dari biji jarak. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Rendam terlebih dahulu biji buah jarak yang sudah dihaluskan dan masih segar dalam 1 liter air. Perendaman dilakukan selama 24 jam.
  2. Setelah itu, rebus air rendaman biji buah jarak selama kurang lebih 10 menit.
  3. Tambahkan minyak tanah sebanyak 3 sendok teh dan sabun dalam jumlah sedikit.
  4. Berikutnya, saring air rebusan tersebut dan encerkan sehingga menjadi 10 liter larutan pestisida.
  5. Pestisida dari biji buah jarak yang sudah selesai dibuat bisa segera diaplikasikan ke tanaman dengan cara menyemprotkan pada tanaman yang terserang hama di pagi dan sore hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com