Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Varietas Jambu Biji dan Karakteristiknya

Kompas.com - 15/03/2023, 18:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Bahkan, banyak jenis jambu biji yang kini mulai dikenal masyarakat Indonesia.

Dikutip dari buku Petunjuk Teknis Teknologi Pembibitan Jambu Biji, Rabu (15/3/2023), berikut ini beberapa varietas jambu biji yang banyak dikenal masyarakat Indonesia.

1. Jambu biji Australia

Jambu biji Australia mempunyai ciri batang, daun, atau buah berwarna merah tua. Daging buah jambu ini berwarna putih, bijinya banyak, dan rasanya manis.

Baca juga: Simak, 5 Tips agar Pohon Jambu Biji Rajin Berbuah

2. Jambu biji Bangkok

Varietas jambu biji lainnya yaitu jambu biji Bangkok. Buah jambu ini memiliki ukuran besar dengan bobot 500 sampai 1200 g/buah.

Ilustrasi jambu biji, pohon jambu biji.UNSPLASH/ANISA WULAN SARI Ilustrasi jambu biji, pohon jambu biji.

Daging buahnya tebal, berwarna putih, dan bijinya relatif sedikit. Kulit buah jambu biji Bangkok berwarna hijau muda saat sudah matang.

Daging buahnya manis dengan tekstur keras dan renyah. Jambu biji ini termasuk varietas genjah sehingga bisa berbuah cepat dan produktivitasnya tinggi.

3. Jambu biji Brasil

Jambu biji ini cukup unik dan langka karena ukurannya kecil dan warnanya kemerahan setelah matang. Sesuai dengan namanya, jambu biji berasal dari Brasil.

Baca juga: 6 Hama dan Penyakit Tanaman Jambu Biji, Apa Saja?

Rasa jambu biji aini masam dan memiliki banyak biji. Kulit buahnya berwarna merah mengkilap dan daging buahnya putih.

4. Jambu biji merah getas

Varietas jambu biji merupakan hasil penemuan Lembaga Penelitian Getas, Salatiga, Jawa Tengah. Jambu ini merupakan hasil persilangan jambu biji Pasar minggu dengan jambu biji Bangkok.

Keunggulan dari jambu biji merah getas yaitu dagingnya merah cerah, tebal, aromanya harum segar, dan rasanya manis. Ukuran buahnya besar dengan berat 400 g/buah.

5. Jambu biji kecil

Jambu biji kecil dikenal juga dengan nama jambu biji menir. Ciri-ciri jambu ini yaitu ukuran buahnya kecil, bobot maksimalnya 12 g/buah, rasanya manis sedikit asam, dan aromanya harum.

Baca juga: Cara Budidaya Jambu Kristal

Warna kulit buahnya hijau muda mengkilap dan daging buahnya putih dengan jumlah biji yang banyak.

Itulah sejumlah varietas jambu biji yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Selain jenis jambu biji yang sudah disebutkan, masih ada beberapa jenis lain yang banyak tumbuh dan dikembangkan di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com