Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bertanam Labu Madu agar Hasil Panennya Berkualitas

Kompas.com - 01/04/2023, 18:33 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Labu madu merupakan jenis labu yang berbentuk seperti lampu bohlam. Labu ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang cukup manis.

Labu madu sangat cocok diolah menjadi kue. Selain memiliki rasa yang enak, labu madu juga memiliki nilai jual yang cukup menguntungkan.

Maka dari itu, labu madu menjadi komoditas yang layak untuk dibudidayakan. Namun, agar tanaman labu madu tumbuh dengan baik, maka teknik budidaya labu madu harus dilakukan dengan benar.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Labu Madu yang Benar

Melansir dari Cybext kementerian Pertanian, Sabtu (1/4/2023), berikut tips bertanam labu madu agar hasil panennya berkualitas.

1. Perhatikan media tanam yang digunakan

Biji labu madu akan lebih mudah berkecambah pada tanah yang hangat. Maka dari itu, sebaiknya menanam benih labu madu pada media tanam yang hangat.

Ilustrasi tanaman labu maduPixabay/jimmorgan Ilustrasi tanaman labu madu

Selain itu, pilih juga area bertanam labu madu yang hangat dan cerah. Hal tersebut dikarenakan labu madu menyukai tempat yang terkena sinar matahari langsung dan hangat.

2. Melakukan penyiraman secara rutin

Selain memperhatikan media tanam yang digunakan, tips menanam labu madu lainnya yaitu melakukan penyiraman secara rutin. Dengan demikian, kelembapan tanah tetap terjaga agar tanaman tumbuh dengan baik.

3. Lakukan pengendalian hama dan penyakit

Tanaman labu madu juga berisiko terserang hama dan penyakit. Maka dari itu, perlu dilakukan upaya pengendalian hama dan penyakit agar tanaman labu madu tidak gagal panen.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Labu Kuning agar Cepat Berbuah

4. Panen tepat waktu

Labu madu harus dipanen tepat waktu. Pasalnya, pemanenan yang terlambat akan membuat labu madu mudah busuk.

Cara mengetahui labu madu yang siap panen cukup mudah, Anda hanya perlu mengetuk buah labu madu menggunakan jari. Jika terdengar suara denting, artinya buah labu madu sudah siap dipanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com