Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tahapan Budidaya Labu Siam yang Benar agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 09/11/2022, 10:12 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Labu siam termasuk sayuran yang mudah ditanam. Wajar jika kita bisa melihat tanaman ini tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi.

Dilansir dari buku Teknologi Tepat Guna: Panduan Praktis Tanaman Sayuran dan Perkebunan, Rabu (9/11/2022), berikut penjelasan lengkap seputar cara menanam labu siam agar berbuah banyak.

Baca juga: Cara Menanam Labu Siam agar Subur dan Panen Setiap Minggu

Syarat tumbuh labu siam

Tanaman labu siam dapat tumbuh dengan baik di lahan dengan ketinggian 900 sampai 1100 meter di atas permukaan laut. Temperatur yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu 21 sampai 28 derajat Celcius di siang hari dan 15 sampai 20 derajat Celcius saat malam hari.

Tanaman labu siamPixabay/marvinbla Tanaman labu siam

Sementara itu, kondisi tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu tanah yang gembur, berpasir, subur, dan mengandung banyak humus.

Budidaya labu siam

Tahapan budidaya labu siam sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tanaman lainnya. Menanam labu siam diawali dengan persiapan bibit, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Persiapan bibit

Labu siam dapat diperbanyak dari buah labu yang sudah tua. Buah yang akan digunakan untuk bibit harus disimpan terlebih dahulu di tempat lembap. Apabila tunas telah tumbuh sekitar 30 cm, pindahkan ke lahan.

Baca juga: Cara Menanam Labu Siam di Pot, Cocok untuk Lahan Sempit

2. Persiapan lahan

Tanah yang akan ditanami labu siam harus diolah terlebih dahulu dengan cara mencangkul sampai tanah terbaik. Setelah itu, buat parit sebagai saluran drainase.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com