Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Tips Agar Labu Berbuah Banyak

Kompas.com - 20/12/2022, 11:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya labu kuning sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi, untuk mendapatkan buah labu yang berkualitas dan bernilai jual tinggi, perawatan tanaman harus dilakukan dengan baik.

Tak hanya itu, kesesuaian antara kondisi lingkungan dengan syarat tumbuh juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman labu. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (20/12/2022), berikut sejumlah tips agar labu berbuah banyak.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Labu Madu yang Benar

Perhatikan syarat tumbuh tanaman

Labu kuning akan tumbuh dengan baik apabila ditanam pada lahan dengan ketinggian 800 hingga 1200 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan antara 700 sampai 1000 mm/tahun. Kelembapan udara yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu sekitar 75 persen.

Tanaman labu kuningPixabay/Alexas_Fotos Tanaman labu kuning

Sementara itu, jenis tanah yang cocok untuk menanam labu yaitu tanah aluvial berhumus, tanah gembur kering beras rawa, andosol, tanah merah, dan grumosol dengan pH antara 5 sampai 6,5. Pastikan juga area budidaya labu mendapatkan penyinaran cahaya matahari yang cukup.

Gunakan bibit berkualitas

Bibit tanaman yang baik akan menghasilkan tanaman yang pertumbuhannya normal dan produktivitasnya optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih bibit yang sehat dan berasal dari varietas unggul.

Baca juga: Budidaya Labu Kuning yang Benar agar Hasilnya Panennya Melimpah

Mengolah lahan dengan benar

Tips agar labu berbuah banyak berikutnya yaitu mengolah lahan dengan benar. Lahan budidaya labu harus gembur akan pertumbuhan tanaman ini optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com