Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Labu Madu yang Benar

Kompas.com - 18/12/2022, 17:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Labu madu atau butternut squash merupakan jenis labu yang memiliki bentuk unik. Bentuk labu ini menyerupai kacang tanah atau lampu bohlam.

Rasa buah ini manis dan teksturnya lembut. Labu madu mengandung banyak serat, antioksidan, beta karoten, vitamin A, hingga vitamin B kompleks.

Jika dilihat dari teknik budidayanya, maka cara menanam labu madu sebenarnya tidak berbeda dengan teknik budidaya labu lainnya. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (18/12/2022), berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Labu Siam agar Subur dan Panen Setiap Minggu

Persiapan lahan budidaya

Lahan yang akan digunakan untuk menanam labu madu harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, gemburkan tanah menggunakan cangkul dan buat bedengan untuk menanam bibit labu madu.

Labu madu, butternut squashPixabay/12019 Labu madu, butternut squash

Berikan juga pupuk kandang sebagai pupuk dasar untuk meningkatkan kesuburan tanah. Dengan demikian, bibit tanaman labu madu bisa tumbuh dengan cepat dan produktif.

Penyemaian benih

Benih labu madu yang akan ditanam sebaiknya disemai terlebih dahulu. Penyemaian bisa dilakukan di dalam polybag atau tray semai yang sudah berisi media semai. Penyemaian dilakukan hingga benih tumbuh menjadi bibit.

Penanaman

Bibit labu madu yang sudah berumur 2 hingga 3 minggu sudah bisa dipindahkan ke bedengan semai. Cara menanam labu madu cukup mudah.

Baca juga: Budidaya Labu Kuning yang Benar agar Hasilnya Panennya Melimpah

Anda hanya perlu membuat lubang tanam di bedengan, kemudian letakkan bibit pada lubang tanam tersebut. Tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan agar bibit tidak mudah rebah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com