Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buah yang Mengandung Banyak Air, Cocok untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 01/04/2023, 19:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah seharian berpuasa, kita mungkin akan merasa sangat haus. Maka dari itu, saat adzan maghrib tiba kita akan terburu-buru untuk minum air putih atau mencari makanan yang mengandung banyak air.

Buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan menu buka puasa karena sehat dan menyegarkan. Terlebih jika buah tersebut mengandung banyak air.

Ada beberapa pilihan buah yang mengandung banyak air. Mengutip dari Healthline, Sabtu (1/4/2023), berikut daftar buah yang mengandung banyak air.

Baca juga: 6 Jenis Buah-buahan Kering yang Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Kandungan air dalam buah ini bahkan mencapai 92 persen.

Selain kaya akan air, semangka juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini juga diketahui rendah kalori sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

buah stroberi
UNSPLASH/SOROUSH KARIMI buah stroberi

2. Stroberi

Selain semangka, stroberi juga termasuk buah yang mengandung banyak air. Dalam buah stroberi mengandung sekitar 91 persen air.

Vitamin dan mineral dalam buah stroberi juga cukup beragam, sehingga bisa membuat tubuh lebih sehat. Anda bisa mengkonsumsi stroberi secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman dan makanan yang lezat.

Baca juga: 6 Tips Menanam Stroberi di Daerah Panas

3. Blewah

Blewah merupakan buah khas Ramadhan yang mengandung banyak air. Dalam 117 gram blewah, diketahui mengandung sekitar 90 persen air.

Tak hanya itu, blewah juga mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Buah ini biasanya diolah menjadi minuman yang menyegarkan sebagai hidangan berbuka puasa.

4. Persik

Persik merupakan salah satu buah yang kaya air. Kandungan air dalam buah ini mencapai 89 persen.

Selain itu, persik juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Buah ini juga cukup mengenyangkan karena mengandung serat dan air, serta kalori yang rendah.

Baca juga: Jenis Tanaman Buah Cepat Panen, Apa Saja?

5. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Tak hanya tinggi vitamin C, jeruk juga mengandung air yang cukup banyak bahkan mencapai 88 persen. Selain itu, jeruk juga bisa memberikan rasa kenyang yang membuat nafsu makan lebih terkendali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com