Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membedakan Pepaya Jantan dan Pepaya Betina

Kompas.com - 10/04/2023, 17:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya merupakan buah yang mudah dijumpai. Buah ini diketahui memiliki tiga jenis kelamin pada bunganya yakni bunga jantan, bunga betina, dan bunga bunga sempurna jantan.

Maka dari itu, kita sering mendengar istilah “pepaya jantan” dan “pepaya betina”. Lantas, bagaimana cara membedakan pepaya jantan dan pepaya betina?

Dikutip dari situs Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Medan Area, Senin (10/4/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Pepaya di depan Rumah agar Berbuah Banyak

Pepaya jantan

Jenis kelamin tanaman pepaya dapat diketahui dari bunganya. Bunga tanaman jantan biasanya memiliki tangkai yang panjang dan putik sangat kecil, sehingga tidak bisa tumbuh.

Ilustrasi tanaman pepaya di dalam pot, menanam pepaya di pot. SHUTTERSTOCK/AIMPOL BURANET Ilustrasi tanaman pepaya di dalam pot, menanam pepaya di pot.

Biasanya, petani akan membuat tanaman pepaya jantan karena tidak bisa menghasilkan buah yang menguntungkan.

Pepaya betina

Berbeda dengan pepaya jantan, bunga pada pepaya jantan memiliki putih. Bunga ini biasanya muncul dari sisi daun di sebelah batang.

Baca juga: 5 Cara Merawat Pepaya California agar Berbuah Banyak

Keberadaan bunga betina tergantung pada benang sari jantan dari tanaman lain yang berguna untuk berkembang biak. Hasil perkembang biakan bunga jantan dan betina akan menghasilkan buah yang bulat runcing dengan bagian celah buahnya sangat berdaging.

Rasa dan aroma buah ini tidak berbeda dengan hasil dari bunga hermaprodit. Keunggulan tanaman pepaya betina yaitu bisa menghasilkan buah sepanjang tahun dengan bentuk konsisten.

Tanaman pepaya betina biasanya akan dirawat dengan baik sampai menghasilkan buah yang siap dipanen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com