Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Murbei agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 12/04/2023, 17:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Murbei merupakan salah satu buah beri yang mengandung banyak air dan rasanya lezat. Ada tiga jenis murbei yaitu murbei hitam, merah, dan putih.

Buah ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. namun bisa ditanam di Indonesia. Dikutip dari Gardening Know How, Rabu (12/4/2023), berikut ini cara menanam buah murbei.

Cara menanam murbei

Tanaman murbei harus ditanam di bawah sinar matahari penuh. Selain itu, tanaman ini juga sebaiknya dibudidayakan pada lahan yang berdrainase baik.

Baca juga: Mengenal Murbei, Tanaman Pakan Ulat Sutera

Lahan yang digunakan untuk menanam murbei perlu diolah terlebih dahulu. Setelah itu, buat lubang tanam dan letakkan bibit pohon murbei ditanam pada lubang tanam tersebut. Terakhir, tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan.

Buah murbeiPixabay/BoyKat Buah murbei

Perawatan tanaman

Setelah ditanam, pohon murbei perlu dirawat agar menghasilkan buah yang maksimal. Sebenarnya tanaman murbei tidak membutuhkan banyak perawatan karena tanaman ini cukup toleran.

Anda hanya perlu memastikan tanaman mendapatkan pupuk untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Selain itu, lakukan juga pemangkasan agar tajuk tanaman rapi.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Blackberry agar Tumbuh Subur

Jika didapati serangan hama dan penyakit, segera lakukan pengendalian agar serangan tidak semakin parah.

Panen buah murbei

Buah tanaman murbei yang sudah siap panen bisa segera dipetik. Pemanenan sebaiknya tepat waktu karena semakin tua, kualitas dan nilai gizinya menurun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com