Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Memilih Pupuk yang Tepat untuk Tanaman Tomat

Kompas.com - 13/04/2023, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tomat, untuk memperoleh tanaman tomat yang sehat dan produktif, Anda membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat di dalam tanah. Ini berarti memilih pupuk yang tepat.

Dikutip dari House Digest, Kamis (13/4/2023), sebagian besar pupuk komersial menyediakan tiga unsur hara utama yang digunakan tanaman, juga dikenal sebagai makronutrien, yakni nitrogen, fosfor, dan kalium atau NPK.

Akan tetapi, untuk menumbuhkan tomat terbaik, zat nutrisi mikro seperti kalsium dan magnesium tidak hanya membantu tanaman tumbuh subur, tetapi juga membantu mencegah penyakit seperti busuk ujung bunga.

Baca juga: 10 Buah yang Sering Dikira Sayuran, Tomat hingga Mentimun

Ilustrasi tanaman tomat, menanam tomat. SHUTTERSTOCK/AHMAD RIDHA ASHARI Ilustrasi tanaman tomat, menanam tomat.

Sebelum Anda memberi pupuk, ke tanaman tomat, sebaiknya lakukan uji tanah. Namun, apakah Anda melakukan uji tanah atau tidak, inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih pupuk untuk tanaman tomat.

Makronutrien

Jika Anda melihat kemasan pupuk dengan tiga angka pada labelnya, seperti 10-10-10, angka tersebut mengacu pada rasio nitrogen, fosfor, dan kalium di setiap aplikasi.

Misalnya, jika Anda melihat pupuk dengan angka 5-10-8, itu berarti 5 bagian nitrogen, 10 bagian fosfor, dan 8 bagian kalium.

Ini adalah rasio yang baik untuk tanah kebun yang sudah tinggi nitrogen (berdasarkan uji tanah) serta untuk tanaman pengikat nitrogen seperti legum yang mengambil nitrogen dari udara serta tanah.

Baca juga: Cara Menanam Tomat di Balkon agar Cepat dan Banyak Berbuah

Nitrogen adalah nutrisi utama yang bertanggung jawab untuk menumbuhkan batang yang kuat dan daun lebat yang besar untuk fotosintesis. Karena ini penting untuk kesehatan tanaman, mungkin tergoda untuk memberi nitrogen terlalu banyak, tetapi lebih banyak tidak selalu lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com