Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Tomat Bisa Dipanen? Ini Penjelasan Selengkapnya

Kompas.com - 20/02/2023, 15:33 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas tomat sangat dipengaruhi oleh waktu pemanenan. Pemanenan yang terlalu cepat atau saat tomat belum tua, membuat rasanya kurang enak.

Sedangkan pemanenan yang terlambat bisa membuat tomat cepat busuk. Lantas, berapa lama tomat bisa dipanen? Dikutip dari buku Penanganan Pascapanen Tomat, Senin (20/2/2023), berikut penjelasan lengkapnya.

Waktu panen tomat yang tepat

Pemanenan tomat biasanya dipanen saat tanaman berumur 75 hari setelah penanaman. Ciri-ciri tomat yang siap panen yaitu sudah memiliki warna merah.

Baca juga: Kegiatan Pasca Panen Tomat agar Tidak Mudah Rusak

Selain itu, bagian tepi daun sudah mulai kering dan batangnya mulai mengering. Akan tetapi, apabila pemasaran tomat jaraknya jauh dari lahan budidaya, maka pemanenan sebaiknya dilakukan saat buah tomat masih hijau namun sudah tua.

Nantinya, setelah 3 sampai 7 hari tomat tersebut akan berubah warna dengan sendirinya. Saat yang tepat untuk panen tomat yaitu ketika cuaca terang.

Ilustrasi tanaman tomat.PIXABAY/congerdesign Ilustrasi tanaman tomat.

Pemanenan dilakukan satu persatu dengan cara memetik buah tomat yang siap panen. Setelah itu, tempatkan tomat pada wadah bersih agar tidak merusak kualitas buah tersebut.

Pasca panen tomat

Selain waktu panen, kegiatan pasca panen juga perlu dilakukan agar kualitas tomat yang dipanen tetap terjaga. Masih mengutip dari buku yang sama, tahapan pasca panen tomat meliputi; sortasi dan grading, pencucian, pengemasan dan pelabelan, penyimpanan, dan pengangkutan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Tomat di Sawah agar Panennya Banyak

1. Sortasi dan grading

Sortasi tomat bertujuan untuk menyeleksi tomat yang bagus dan rusak. Sementara itu, grading dilakukan untuk mengelompokkan tomat berdasarkan ukurannya.

2. Pencucian

Kegiatan pencucian bertujuan untuk membersihkan tomat dari kotoran yang masih menempel. Selain mencuci dengan air, Anda juga bisa menambahkan cairan pembersih food grade untuk membuat buah tomat semakin bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com