Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Jeruk Kunci agar Berbuah Lebat

Kompas.com - 14/06/2023, 21:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk kunci merupakan salah satu jenis jeruk yang ada di Indonesia. Rasa buahnya yang segar dan memiliki segudang manfaat kesehatan, menjadikan buah jeruk ini favorit di kalangan kalangan masyarakat.

Namun, agar tanaman jeruk kunci tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas, perlu dilakukan perawatan yang konsisten. Cara merawat jeruk kunci mencakup berbagai aspek, seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan, perlindungan hama dan penyakit, serta penyinaran yang maksimal.

Selain itu, tanah yang baik dengan drainase yang lancar juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Dengan melakukan perawatan yang tepat dan berkelanjutan, tanaman jeruk kunci akan menghasilkan buah yang maksimal.

Baca juga: Simak, Keunggulan dan Manfaat Jeruk Kunci

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini cara merawat tanaman jeruk kunci yang benar agar tumbuh dan panennya maksimal.

Ilustrasi buah lemon cui atau jeruk kunci.SHUTTERSTOCK/ANNY TA Ilustrasi buah lemon cui atau jeruk kunci.

1. Penyiraman air yang cukup

Tanaman jeruk membutuhkan penyiraman air yang cukup bagi pertumbuhannya. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur, terutama pada musim kemarau.

Akan tetapi, hindari penyiraman terlalu banyak karena air akan menggenang dan dapat menyebabkan akar membusuk. Periksa kelembaban tanah secara berkala dan siram tanaman ketika tanah terlihat kering.

2. Pemupukan berimbang

Memberikan nutrisi yang cukup kepada tanaman jeruk kunci merupakan langkah penting untuk membuat tanaman subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Gunakan pupuk yang sesuai untuk tanaman jeruk.

Pupuk yang dapat digunakan seperti phonska, mutiara ZA dan KCl. Ikuti petunjuk pemupukan dan dosis yang tertera pada kemasan. Pemupukan biasanya dilakukan setiap 3 sampai 6 bulan sekali, terutama pada saat fase pertumbuhan.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Kunci agar Berbuah Banyak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com