Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Penyakit Blendok pada Jeruk

Kompas.com - 08/02/2023, 18:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan budidaya jeruk dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah cara pemeliharaan. Hama dan penyakit yang berpotensi menyerang tanaman jeruk dan akan mengganggu pertumbuhan dan hasil panen, harus dicegah terlebih dahulu.

Salah satu penyakit tanaman jeruk yaitu penyakit blendok. Perlu diketahui jenis penyakit ini ada dua yakni blendok basah dan blendok kering.

Penyakit blendok ditandai dengan keluarnya lendir, sedangkan pada blendok kering, batang dan cabang akan tiba-tiba mati. Maka dari itu, penyakit ini harus segera diatasi agar tidak menyebabkan kerugian pada budidaya tanaman jeruk.

Baca juga: Penyakit yang Menyerang Tanaman Jeruk dan Solusinya

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (8/2/2023), berikut cara mengatasi penyakit blendok pada jeruk yang penting untuk diketahui.

1. Menanam bibit bebas penyakit

Pencegahan penyakit blendok pada jeruk dapat dilakukan dengan memilih bibit yang bebas penyakit. Sebelum menanam jeruk, pastikan Anda telah memilih bibit terbaik dari varietas unggul yang pertumbuhannya normal dan bebas penyakit.

ilustrasi tanaman jerukPixabay/Hans ilustrasi tanaman jeruk

2. Sanitasi lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan dan penyebaran penyakit blendok pada jeruk. Rumput liar disekitar tanaman dapat menjadi inang dan menyebarkan jamur Botryodiplodia theobromae penyebab penyakit ini.

Bersihkan rumput liar dengan cara dipotong menggunakan sabit maupun alat pemotongan rumput. Penggunaan herbisida juga dapat digunakan, namun pastikan dosis yang digunakan sesuai anjuran.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Jeruk Manis dan Perawatannya

3. Mengatur irigasi

Kebutuhan air harus selalu terpenuhi, terutama pada musim kemarau. Tanaman jeruk yang kekurangan air, pertumbuhannya akan terhambat karena proses fotosintesis akan terganggu.

Namun jika kebutuhan air berlebih, maka dapat menyebabkan busuk akar pada tanaman jeruk. Oleh karena itu, sistem irigasi harus dijaga dengan baik.

4. Mengatur jarak tanam

Cara mengatasi penyakit blendok pada jeruk selanjutnya yaitu dengan mengatur jarak tanam. Cara ini mungkin bisa dibilang cara yang sangat sederhana, namun pengaruhnya sangat besar.

Jarak tanam berperan penting terhadap tingkat kelembapan udara. Apabila jarak tanam semakin dekat, kelembapan udara akan meningkat. Kondisi seperti ini sangat disukai oleh cendawan yang menyebabkan penyakit blendok pada tanaman jeruk.

Baca juga: Tips Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah

5. Melapisi batang dengan fungisida

Apabila langkah-langkah diatas belum membuahkan hasil dan serangan masih berlanjut, Anda dapat menggunakan fungisida untuk mengendalikan serangan penyakit blendok. Gunakanlah fungisida sesuai dengan jenis dan dosis yang dianjurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com