Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Merawat Bunga Krisan di Daerah Panas agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 04/07/2023, 09:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Krisan merupakan salah satu jenis bunga yang cocok ditanam di dataran tinggi yang suhunya sejuk dan dingin. Meskipun demikian, krisan ternyata bisa ditanam di daerah yang relatif panas.

Meskipun demikian, bunga krisan yang ditanam di daerah panas perlu perawatan khusus. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (4/7/2023), berikut ini cara merawat bunga krisan di daerah panas agar tumbuh subur.

1. Membuat naungan

Tanaman krisan menyukai penyinaran matahari penuh, namun pada daerah yang sangat panas tanaman bisa layu. Oleh sebab itu, tanaman krisan yang ditanam pada daerah panas perlu dibuat nuangan.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Bunga Krisan di Halaman Rumah

2. Menyimpan bunga di bawah lampu setiap malam

Penanaman bunga krisan di daerah panas memiliki kekurangan seperti; warna bunganya pudar, tanaman pendek, dan umur tanamannya pendek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyimpan bunga krisan di bawah sinar lampu setiap malam.

Ilustrasi bunga krisan di pot, menanam bunga krisan di pot. SHUTTERSTOCK/KWANBENZ Ilustrasi bunga krisan di pot, menanam bunga krisan di pot.

Teknik perawatan ini akan membuat postur tanaman krisan lebih tinggi. jarak antara lampu dengan tanaman maksimal 2 meter.

Cahaya yang ideal diberikan pada tanaman krisan yaitu sebanyak 70 lux. Ketika tanaman sudah memiliki postur yang diinginkan, pindahkan tanaman krisan ke tempat yang tidak terkena cahaya di malam hari. Tujuannya agar krisan cepat berbunga.

3. Penyiraman secara rutin

Cara merawat bunga krisan di daerah panas berikutnya yaitu melakukan penyiraman secara rutin. Kegiatan penyiraman sebaiknya dilakukan di pagi hari.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Sepatu di Rumah dengan Mudah

Penyiraman bisa dilakukan di bagian akar dan batang. Hindari penyiraman pada bagian daunnya. Penyiraman bisa dilakukan secara manual menggunakan sprayer atau gembor.

4. Menerapkan teknik pinching dan disbudding

Pinching adalah teknik memotong atau membuang pucuk yang tumbuh di awal penanaman. Sementara itu, disbudding adalah teknik pembuangan bagian bunga yang tidak diinginkan. Cara ini akan membuat bentuk bunga sempurna sesuai keinginan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com