Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Ciri-ciri Buah Naga Siap Panen? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/01/2023, 13:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panen buah naga tepat waktu akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan. Pasalnya, pemanenan terlalu cepat membuat rasa buah kurang enak dan pemanenan yang terlambat bisa membuat buah retak dan waktu simpannya menjadi pendek.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri buah naga matang dan siap panen. Adapun penjelasan lengkap seputar panen dan pasca panen buah naga, seperti berikut.

Panen buah naga

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (25/1/2023), buah naga termasuk tanaman yang memiliki umur panjang. Siklus produktifnya bahwa mencapai 15 hingga 20 tahun.

Baca juga: 6 Tahap Menanam Buah Naga di Pot, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Tanaman ini akan mulai berbunga saat berumur 10 hingga 12 bulan setelah tanam. Akan tetapi, apabila bibit yang ditanam berukuran kecil, maka panen pertama bisa baru bisa dilakukan 1,5 hingga 2 tahun setelah tanam.

Ilustrasi buah naga. PIXABAY/KREINGKRAI LUANGCHAIPREEDA Ilustrasi buah naga.

Ciri-ciri buah naga siap panen bisa diketahui dari warna kulitnya. Buah naga matang memiliki kulit berwarna merah yang mengkilap.

Selain itu, mahkota bunganya juga mulai mengecil dan pada bagian pangkalnya mulai menguncup atau keriput. Panen buah naga dapat dilakukan dengan cara memotong bagian di atas buah tersebut menggunakan gunting atau pisau yang bersih.

Baca juga: Panduan Menanam Buah Naga agar Cepat Berbuah

Pasca panen buah naga

Selain memperhatikan tingkat kematangan buah, kegiatan pasca panen juga harus dilakukan dengan baik untuk menjaga kualitas buah naga. Menurut keterangan di Jurnal Ecosystem Vol 16, No. 3, setelah panen buah naga sebaiknya disimpan pada tempat bersuhu 5 derajat Celcius.

Tak hanya itu, buah naga juga perlu dibungkus dalam kantong plastik agar beratnya tidak menyusut. Buah naga diketahui dapat bertahan sekitar 10 hari di suhu ruang.

Itulah penjelasan singkat seputar panen dan pasca panen buah naga yang perlu diperhatikan. Lakukan kegiatan tersebut dengan benar untuk menjaga kualitas buah naga yang dipanen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com