Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih, serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 27/12/2022, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah naga adalah salah satu buah yang digemari masyarakat karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Jika diperhatikan, ada dua jenis buah naga yang banyak dikonsumsi, yakni buah naga merah dan putih.

Dikutip dari Health Digest, Selasa (27/12/2022), jikaAnda mengiris buah naga putih, Anda akan melihat daging berbintik-bintik putih, sedangkan buah naga merah yang sudah dikupas memiliki bagian dalam berwarna magenta.

Akan tetapi, bagaimana bisa melihat perbedaan buah naga merah dan putih tanpa membelahnya menjadi dua? Meskipun kelihatannya tidak mungkin, buah naga merah dan putih memiliki isyarat halus untuk membantu Anda membedakannya.

Baca juga: 5 Cara Menanam Buah Naga di Dalam Pot

Ilustrasi buah naga merah. PIXABAY/VARINTORN KANTAWONG Ilustrasi buah naga merah.

Cara membedakan buah naga merah dan putih

Untuk mengetahui perbedaan buah naga merah dan putih, pertama-tama Anda perlu memeriksa sisik dan ujungnya. Buah naga merah cenderung memiliki ujung yang lebih merah daripada buah naga putih, yang bisa juga memiliki ujung kuning atau putih.

Mengenai sisiknya, buah naga merah memiliki sisik yang sempit, melengkung, dan berwarna lebih gelap.

Satu studi tahun 2021 yang diterbitkan di Scientific Reports menyatakan bahwa ciri-ciri utama dalam cladode (batang pipih) buah naga juga membantu mengidentifikasi buah ini. Ciri-ciri tersebut antara lain jumlah duri, panjang areola, dan jarak antar areola.

Selama penelitian, para peneliti menemukan jumlah duri sama pada buah naga merah dan putih. Namun, panjang cabang batangnya sedikit lebih panjang pada varietas merah.

Baca juga: Bagaimana Cara Menanam Buah Naga yang Benar? Ini Penjelasannya

Cabang-cabang ini juga bisa bergelombang atau dikepang tergantung varietasnya. Di sisi lain, peneliti menemukan buah naga putih berbentuk bulat dan panjang buah cenderung lebih besar.

Perbedaan manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan

Selain menambahkan semburat warna ke makanan, buah naga penuh dengan nutrisi dan manfaat kesehatan. Ahli diet terdaftar Mira Ilic menyatakan, buah naga berasal dari kaktus asli Amerika Selatan dan Meksiko, tetapi saat ini tersedia hampir di mana saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com