Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Air, Mudah Tumbuh dan Cepat Panen

Kompas.com - 03/04/2023, 16:18 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sayur ternyata bisa dibudidayakan dalam air. Cara ini membuat tanaman yang dihasilkan lebih bersih dan nutrisi bisa diserap dengan maksimal.

Selain itu, penanaman sayur dalam air membuat proses budidaya tanaman menjadi lebih mudah, bahkan bisa dilakukan di lahan sempit. Meskipun demikian, air yang digunakan sebagai media tanam harus dicampur dengan pupuk atau nutrisi yang menunjang pertumbuhan tanaman.

Tak hanya memperhatikan nutrisi, jenis tanaman yang akan ditanam dalam air juga perlu diperhatikan. Tidak semua tanaman bisa ditanam dalam air.

Baca juga: 7 Sayuran yang Bisa Ditanam di Botol, Apa Saja?

Dikutip dari Gardening Channel, Senin (3/4/2023), berikut beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam di air.

1. Pakcoy

Tanaman pakcoyPixabay/ignartonosbg Tanaman pakcoy

Pakcoy merupakan sayuran hijau yang bisa ditanam dimana saja, tak terkecuali di dalam air. Setelah itu, tanaman ditempatkan di area yang terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk memberikan nutrisi pada media tanam, agar tanaman tumbuh dengan baik.

2. Seledri

Sayuran lain yang bisa ditanam dalam air yaitu seledri. Caranya cukup dengan memotong bagian pangkal batang seledri.

Kemudian masukkan kedalam wadah yang sudah berisi air. Setelah itu, tanaman seledri bisa ditempatkan di samping jendela yang cerah.

Baca juga: Cara Menanam Seledri di Pot agar Tumbuh Subur

3. Bawang daun

Bawang daun juga bisa ditanam dengan mudah di dalam air. Sama seperti seledri, bawang daun juga bisa ditanam menggunakan bagian pangkalnya.

Kemudian letakkan pangkal batang tersebut dalam air. Jangan lupa untuk mengganti air bersih setiap dua hari sekali untuk menjaga kebersihkan media tanam.

4. Selada

Selada merupakan salah satu tanaman hidroponik yang mudah dibudidayakan. Benih atau bibit selada biasanya ditanam pada media rockwool, kemudian letakkan di atas air yang mengalir dan sudah dicampur dengan nutrisi.

Tanaman selada sebaiknya ditempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan juga air yang digunakan selalu bersih agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Selada Hidroponik, Bisa Dilakukan di Rumah

5. Bayam

Sayuran yang bisa ditanam dalam air berikutnya yaitu bayam. Anda bisa menanam biji bayam dalam rockwool kemudian meletakkan di atas wadah yang berisi air.

Setelah itu, pindahkan wadah pada area yang terkena sinar matahari setidaknya enam jam per hari. Tujuannya agar tanaman bayam tumbuh dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com