Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Budidaya Durian Sawerigading agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 11/06/2023, 13:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian merupakan salah satu buah yang populer dan harganya mahal. Maka dari itu, budidaya tanaman ini memiliki prospek yang menguntungkan.

Ada banyak jenis durian unggul, salah satunya durian sawerigading. Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, keunikan dari buah durian ini yaitu dagingnya yang tebal dan buahnya kecil.

Tak hanya itu, aroma durian tak hanya dari buahnya saja. Daun tanaman durian sawerigading juga mengeluarkan aroma khas durian.

Baca juga: Cara Menanam Durian Lokal agar Berbuah Banyak

Tanaman durian ini bisa tumbuh di ketinggian 150 sampai 500 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan antara 1500 sampai 2000 mm/tahun. Adapun cara menanam durian sawerigading, seperti berikut.

Ilustrasi tanaman durian, pohon durian, buah durian di pohon.SHUTTERSTOCK/SINNGERN Ilustrasi tanaman durian, pohon durian, buah durian di pohon.

Penanaman

Penanaman durian sebaiknya dilakukan di awal musim hujan. Bibit durian sawerigading biasanya ditanam pada lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm dengan jarak antar tanaman, 9 x 9 m. 9 x 10 m, atau 10 x 10 m.

Pemberian pupuk

Jenis pupuk yang dapat diberikan untuk tanaman durian, antara lain; Urea, KCl, dan pupuk organik. Dosis atau banyaknya pupuk yang diberikan disesuaikan dengan umur dan kebutuhan tanaman.

Pemupukan setidaknya dilakukan 2 kali dalam satu tahun yakni di awal musim hujan dan di akhir musim kemarau. Pemupukan dilakukan dengan cara disebar, diletakkan dalam lubang pemupukan, maupun dengan cara melingkari tajuk tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Durian Namlung agar Cepat Berbuah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com