Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Durian Unggul yang Banyak Disukai

Kompas.com - 06/05/2023, 15:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian merupakan komoditas perkebunan yang nilai jualnya tinggi. Buah ini memiliki daging yang lembut dengan aroma khas yang cukup menyengat.

Di Indonesia, ada banyak jenis durian unggul dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (6/5/2023), berikut jenis-jenis durian unggul yang mudah dijumpai di Indonesia.

1. Durian bawor

Berbicara mengenai durian unggul, tidak lengkap rasanya jika belum mengulas tentang durian bawor. Durian yang berasal dari Banyumas ini memiliki ukuran yang besar, daging tebal, dan rasa yang menggiurkan seperti durian montong.

Baca juga: Mengenal Durian Bawor, Varietas Durian Unggul dari Banyumas

Tak hanya itu, buah durian bawor juga bisa matang dalam waktu yang relatif lebih singkat. Sayangnya, buah ini tidak tahan serangan hama maupun penyakit sehingga perlu perawatan ekstra saat membudidayakannya.

Ilustrasi buah durian.SHUTTERSTOCK/TAVEESAK SRISOMTHAVIL Ilustrasi buah durian.

2. Durian pelangi

Jenis durian ini berasal dari Manokwari. Sesuai dengan namanya, keunikan buah ini ada pada warna dagingnya yang warna warni.

Daging buahnya memiliki gradasi warna putih, merah, dan kuning menyerupai pelangi. Selain warnanya yang cantik, rasa buah ini juga enak. Ukurannya pun cukup besar dengan daging buah yang tebal.

Baca juga: 4 Varietas Durian Lokal yang Memiliki Sifat Unggul

3. Durian petruk

Durian unggul ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Durian ini cocok ditanam di lahan dataran rendah.

Keunggulan durian petruk yaitu rasanya yang enak dan produktivitasnya tinggi. Akan tetapi, tanaman durian petruk perlu perawatan ekstra karena mudah terserang hama dan penyakit.

4. Durian musang king

Jenis durian ini berasal dari Malaysia namun cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah durian ini memiliki biji pipih dan daging tebal.

Rasa dagingnya juga enak. Biasanya buah ini akan masak sempurna setelah diperam 2 hingga 4 hari. Uniknya, buah durian ini memiliki kulit berwarna oranye seperti kunyit. Harganya cukup mahal, sehingga menjadi salah satu jenis durian yang prospektif untuk dikembangkan.

Baca juga: Varietas Durian Unggul di Indonesia, Bisa Cepat Berbuah

5. Durian montong

Durian ini terkenal dengan ukurannya yang besar. Bahkan, bobot buah ini bisa menjadi 6 hingga 10 kg.

Daging buahnya juga tebal dan rasanya manis. Durian montong menjadi salah satu varietas durian yang banyak dibudidayakan.

6. Durian merah banyuwangi

Durian merah banyuwangi termasuk jenis durian yang cepat berbuah. Sesuai dengan namanya, warna daging buah ini merah pekat.

Tak hanya itu, daging buahnya juga tebal dan enak. Durian ini memiliki prospek bisnis yang menjanjikan karena memiliki peminat yang banyak dan harganya relatif mahal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com