Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Biji Jarak dengan Mudah

Kompas.com - 22/07/2023, 21:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pestisida nabati sudah banyak digunakan petani. Pasalnya, penggunaan pestisida ini efektif untuk mengendalikan hama dan penyakit serta lebih ramah lingkungan.

Pestisida nabati terbuat dari bahan-bahan organik, salah satunya biji jarak. Dikutip dari Repositori Kementerian Pertanian, Sabtu (22/7/2023), biji jarak mengandung resin dan alkaloid yang efektif mengendalikan ulat dan hama penghisap. Selain itu, biji jarak juga efektif untuk mengatasi nematoda.

Cara membuat pestisida nabati dari biji jarak

Proses pembuatan pestisida dari biji jarak sebenarnya tidak sulit. Pertama, tumbuk halus biji jarak sebanyak 1 kg.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Biji Buah Jarak, Bisa Menghalau Serangga

Pastikan kulit biji jarak sudah dikupas terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan 5 liter air, 100 cc ME4, dan 100 gram gula pasir.

Larutan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol dan diendapkan selama 1 minggu. Kemudian, saring larutan hasil endapan dan tambahkan air sebanyak 10 liter.

Selain dengan cara di atas, biji jarak juga bisa dipanaskan selama 10 menit di dalam 2 liter air. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan minyak tanah dan 50 gram deterjen lalu aduk.

Berikutnya, saring dan tambahkan 10 liter air. Setelah itu, pestisida nabati dari biji jarak sudah bisa diaplikasikan ke tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com