Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Berkebun Bawang Putih agar Hasilnya Menguntungkan

Kompas.com - 10/09/2022, 13:08 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara berkebun bawang putih yang benar akan mempengaruhi hasil panen komoditas ini. Tanaman bawang putih akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada daerah dengan ketinggian 600-1.200 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, suhu yang sesuai untuk pertumbuhan bawang putih yaitu 15 hingga 25 derajat Celcius dengan kelembapan 60-70 persen.

Adapun tanah yang tepat untuk menanam bawang putih yaitu harus subur, gembur, memiliki aerasi dan drainase baik, kandungan bahan organik tinggi, dan memiliki pH 5,5 sampai 7,5.

Menurut penjelasan di situs Cybext Kementerian Pertanian, berikut tata cara berkebun bawang putih yang benar agar panennya melimpah.

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih.PIXABAY/MAISON BOUTARIN Ilustrasi bawang putih.

Penyemaian benih

Benih bawang putih yang digunakan yaitu benih dari varietas unggul. Penggunaan benih terbaik menjadi langkah awal untuk menunjang keberhasilan budi daya bawah putih.

Namun, benih tersebut tidak bisa langsung ditanam karena benih bawanh putih memiliki amsa dormansi yang cukup lama. Benih harus terlebih dahulu disemai sampai tumbuh menjadi bibit yang siap ditanam di lahan.

Penyemaian bawang putih dilakukan dengan mengupas kulit siung kemudian ditanam dalam polybag. Pastikan ujung runcing menghadap ke atas.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih yang Benar agar Tidak Gagal Panen

Untuk mempercepat pertumbuhan tunas, Anda bisa memberikan perlakukan suhu dingin. Caranya dengan mengupas kulit bawang putih dan masukan dalam kulkas sekitar dua minggu sampai tumbuh tunas kemudian ditanam di kebun.

Selain menggunakan perlakukan suhu dingin, Anda juga bisa merendam benih dalam zat pengatur tumbuh (ZPT) triakontanol dosis 0,10 ml per liter semalaman. Setelah itu, tiriskan sebelum ditanam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com