Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Telang agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Kompas.com - 14/09/2022, 11:03 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga telang merupakan bunga berwarna cerah yang sering dijadikan pewarna alami.Tanaman bunga telang sering ditemukan dipekarang rumah, karena cara menanam bunga telang memang tidak terlalu sulit.

Tanaman yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini hidup merambat. Jika ditata sedemikian rupa, akan tampak cantik dan sangat cocok dijadikan penghias pekarangan rumah

Bukan hanya bermanfaat sebagai pewarna alami saja, bunga telang memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat bunga telang antara lain; meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan radang, dan sebagai anti depresan.

Baca juga: Ingin Menanam Bunga Telang? Begini Caranya

Seduhan bunga telang bisa diolah menjadi hair mist, bermanfaat menyehatkan folikel rambut.Unsplash/Anshu Seduhan bunga telang bisa diolah menjadi hair mist, bermanfaat menyehatkan folikel rambut.

Selain itu juga bunga telang juga dapat diolah menjadi teh bunga telang atau bunga kering yang bisa menjadi ide bisnis rumahan. Maka dari itu, menanam bunga telang di rumah memiliki banyak manfaat dan fungsi.

Lalu, bagaimana cara menanam bunga telang agar tumbuh subur? Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, berikut langkah-langkahnya.

Persiapan bibit

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan bibit. Bibit bunga telang dapat diperoleh dari biji. Biji tersebut harus disemai terlebih dahulu, berikut ini cara menyemai biji telang:

Baca juga: Cara Menanam Bunga Telang agar Berbunga Sepanjang Tahun

Pertama  siapkan alat dan bahan seperti sekop mini, plastik polybag kecil, kompos, tanah, sarung tangan, gembor, dan biji telang.

Masukkan kompos dan tanah kedalam polybag kecil dengan perbandingan 1:1. Kemudian, buat lubang tanam. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com