Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Ciri-ciri Jagung Terserang Bulai dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 01/10/2022, 21:39 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulai menjadi salah satu penyakit penting pada tanaman jagung. Ciri-ciri jagung yang terserang bulai sebenarnya cukup dikenali.

Namun, seringkali petani terlambat mengendalikan penyakit ini karena persebarannya sangat cepat Bulai pada jagung disebabkan oleh infeksi jamur Peronosclerospora maydis atau Peronosclerospora philippinensis.

Pada serangan yang masif, penyakit ini bisa menyebabkan tanaman jagung gagal panen. Dikutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kementerian Pertanian, Sabtu (1/10/2022), berikut ciri tanaman jagung yang terserang bulai dan cara pengendaliannya.

Baca juga: Ciri-ciri Jagung Terkena Penyakit Bulai dan Cara Mengendalikannya

Tanda jagung yang terserang bulai

Gejala penyakit bulai jagung pada bagian daun jagung. Daun yang terserang penyakit ini akan memiliki garis yang sejajar dengan tulang daun.

Ilustrasi tanaman jagung yang terkena penyakit bulai. SHUTTERSTOCK/LERTWIT SASIPREYAJUN Ilustrasi tanaman jagung yang terkena penyakit bulai.

Pada daun jagung yang terserang bulai juga akan muncul warna putih kekuningan dan garis klorotik berwarna coklat. Tak hanya di permukaan daun bagian atas, gejala bulai juga bisa ditemukan pada daun bagian bawah yang menunjukan adanya tepung putih.

Tepung putih tersebut merupakan spora jamur penyebab bulai. Selain menyebabkan perubahan pada warna daun, ciri-ciri jagung yang terkena bulai juga bisanya pertumbuhannya kerdil.

Produktivitas tanaman juga akan menurun. Kalaupun bisa berproduksi, biji tersebut sudah otomatis terpapar patogen penyebab bulai.

Baca juga: Penyakit Bulai Tanaman Cabai: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Jamur penyebab bulai bisa berkembang biak secara sistemik. Apabila perkembangan jamur mencapai titik tumbuh tanaman, maka seluruh daun muda akan menunjukan gejala klorotik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com