Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hama yang Menyerang Padi Saat Fase Vegetatif dan Generatif, Apa Saja?

Kompas.com - 23/10/2022, 14:40 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Padi merupakan tanaman pangan yang memiliki kebutuhan selalu tinggi. Karena itu, budi daya tanaman padi harus dilakukan dengan maksimal.

Sayangnya, dalam budidaya padi, terdapat risiko serangan hama yang dapat menyebabkan kerusakan tanaman hingga gagal panen. Hama yang menyerang tanaman padi sangat beragam dan sesuai dengan fase tanaman. 

Dikutip dari jurnal Agroecotenia Vol. 3 No. 1, Minggu (23/10/2022), berikut beberapa jenis hama yang menyerang tanaman padi pada fase vegetatif dan generatif. 

Baca juga: 4 Bunga Ini Bisa Mengusir Hama Tanaman Padi, Apa Saja?

Hama padi saat fase vegetatif

Ilustrasi padi yang terserang werengShutterstock/ADITYA YUSUP Ilustrasi padi yang terserang wereng

Saat fase vegetatif atau pertumbuhan, terdapat sejumlah hama yang menyerang pada. Hama tersebut berasal dari kelompok serangga, aves, dan molusca.

  • Hama serangga

Serangga menjadi hama tanaman padi yang populasinya sangat banyak. Serangga yang menyerang pada fase ini biasanya masih stadia larva atau nimfa.

Hama tersebut merusak tanaman padi menggunakan mulutnya dengan cara menggigit dan mengunyah. Pada fase vegetatif, serangga yang mendominasi adalah Scirpophaga innotata dan wereng batang coklat.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Padi yang Terserang Wereng dan Upaya Pengendaliannya

  • Hama aves dan molusca

Kelompok aves dan molusca juga termasuk hama tanaman padi yang menyerang saat fase vegetatif, di antaranya burung pipit, burung merpati, dan keong mas.

Keong mas diketahui sudah menyerang tanaman padi dari persemaian. Serangan terberat hama ini biasanya terjadi saat tanaman berumur satu hingga 30 hari.

Sementara itu, keberadaan burung pada awal pertumbuhan sebenarnya tidak terlalu mengganggu, tetapi pengawasan tetap harus dilakukan agar tidak terjadi serangan dari hama ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com