Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mengaplikasikan Pestisida Saat Musim Hujan

Kompas.com - 30/10/2022, 10:33 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, penyakit tanaman mudah berkembang. Petani biasanya akan sigap melakukan penyemprotan pestisida agar patogen penyebab penyakit tidak menyebar lebih lanjut atau ke tanaman lain yang sehat.

Akan tetapi, penyemprotan pestisida saat musim hujan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, air hujan bisa menyebabkan pestisida tercuci.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (30/10/2022), berikut sejumlah tips mengaplikasikan pestisida saat musim hujan agar tetap efektif dan efisien.

Baca juga: Teknik Penyemprotan Pestisida dan Fungisida untuk Tanaman Cabai

1. Penggunaan nozzle dan tangki sprayer yang tepat

ilustrasi aplikasi herbisidapexels.com/ Laura Arias ilustrasi aplikasi herbisida
Nozzle pada sprayer ternyata dapat mempengaruhi efektivitas pestisida. Karena itu, penggunaan nozzle yang tepat dapat membuat pestisida bekerja baik.

Misalnya, jika ingin menyemprotkan pestisida ke area yang luas dan merata, sebaiknya gunakan nozzle kerucut yang bisa menghasilkan pancaran menyebar.

Sementara itu, jika ingin menyemprotkan herbisida, gunakan nozzle jenis polijet yang bisa menghasilkan pancaran seperti kipas. 

Baca juga: Catat, Ini Jenis-jenis Pestisida Pertanian yang Sering Digunakan

Usia nozzle juga perlu diperhatikan. Pasalnya, butiran semprotan yang dihasilkan kalau nozzle dalam kondisi baik dan tidak tersumbat. Jadi, jika nozzle sudah usang, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Selain nozzle, penggunaan tangki sprayer yang tepat juga turun mempengaruhi efektivitas penyemprotan pestisida saat musim hujan.

Tangki sprayer dari logan bisa digunakan untuk aplikasi insektisida maupun fungisida. Meski demikian, penggunaan tangki sprayer dari plastik lebih disarankan agar lebih efisien. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com