Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mengendalikan Hama Kepik Hijau pada Kedelai

Kompas.com - 14/11/2022, 13:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepik hijau merupakan salah satu hama tanaman kedelai yang berisiko menyebabkan gagal panen. Hama ini biasanya mulai menyerang saat tanaman kedelai berumur 35 hari setelah tanam untuk bertelur dan menghisap daun.

Setelah tanaman kedelai membentuk polong, hama ini akan memasukkan stiletnya ke kulit polong sampai ke biji agar dapat mengisap cairan dan zat makanan dari biji kedelai. Kondisi ini menyebabkan polong kering dan gugur.

Tak hanya itu, jika serangan kepik hijau terjadi saat fase pengisian biji, maka biji kedelai yang dihasilkan akan menjadi hitam dan busuk. Apabila tidak segera dikendalikan, hama kepik hijau ini dapat menyebabkan kerusakan parah dan gagal panen.

Baca juga: 6 Hama dan Penyakit Tanaman Kedelai yang Patut Diwaspadai

Lantas bagaimana cara mengendalikan kepik hijau pada tanaman kedelai? Dilansir dari Buletin Palawija No.28, Senin (14/11/2022), berikut penjelasan lengkapnya.

Gambar Tanaman kedelaiPixabay/jcesar2015 Gambar Tanaman kedelai

Pengendalian secara kultur teknis

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama ini yaitu dengan melakukan teknik budidaya yang benar. Pengendalian kultur teknis hama kepik hijau bisa dilakukan dengan cara, seperti berikut:

  • Tanam serempak.
  • Pergiliran tanaman dengan tanaman lain yang bukan inang kepik hijau.
  • Sanitasi lahan.
  • Penggunaan varietas tahan.
  • Pembuatan perangkap.
  • Pengumpulan kepik hijau secara mekanis.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cara Mengendalikan Karat Daun Kedelai

Pengendalian biologi

Cara mengendalikan kepik hijau juga bisa dilakukan secara biologi menggunakan bioinsektisida. Selain itu, penggunaan musuh alami juga dapat dilakukan untuk menekan populasi kepik hijau. Musuh alami dari hama ini yaitu laba-laba dan semut merah.

Pengendalian kimiawi

Apabila populasi dan serangan hama kepik hijau sudah masif, maka langkah pengendalian terakhir yang bisa dilakukan yaitu pengendalian kimiawi. Pengendalian ini dilakukan dengan menyemprotkan insektisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com