Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tomat Komersil yang Mudah Dijumpai

Kompas.com - 20/12/2022, 12:01 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat merupakan sayuran buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ternyata, bentuk tomat yang beredar di pasaran sangat beragam, ada yang bulat, bulat pipih, dan berbentuk seperti bola lampu.

Dikutip dari buku Bertanam Tomat, Selasa (20/12/2022), berikut jenis-jenis tomat komersil yang banyak diperjualbelikan di pasar.

Baca juga: 7 Jenis Tomat Berdasarkan Penampilannya, Apa Saja?

Tomat biasa

Tomat biasa memiliki buah berbentuk bulat pipih dan tidak teratur. Jenis tomat ini cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah.

Ilustrasi tanaman tomat.PIXABAY/congerdesign Ilustrasi tanaman tomat.

Tomat apel

Jenis tomat lainnya yaitu tomat apel. Bentuk tomat ini bulat, kuat, dan sedikit keras seperti buah apel. Tanaman ini sangat cocok dibudidayakan di daerah pegunungan.

Tomat kentang

Tomat kentang memiliki bentuk buah yang bulat, besar, padat, seperti buah apel namun agak kecil. Sementara itu, daun tanaman tomat kentang berukuran lebar.

Baca juga: 5 Keuntungan Menanam Tomat Hidroponik, Bisa Membuat Rumah Lebih Indah

Tomat keriting

Jenis tomat lainnya yang biasa diperjualbelikan yaitu tomat keriting. Buah tomat ini berbentuk agak lonjong keras seperti alpukat atau pepaya. Tomat ini dikenal juga sebagai tomat gondol dan banyak disukai karena kulit buahnya tebal.

Tomat keriting cukup tahan lama saat pengangkutan jarak jauh. Daun tomat ini rimbun berbentuk keriting seperti terserang virus keriting. Sementara itu, warna daunnya hijau kelam.

Itulah empat jenis tomat komersil yang cukup mudah dijumpai. Dari penjelasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa setiap jenis tomat memiliki karakteristiknya masing-masing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com