Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Menanam Tomat agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 07/12/2022, 10:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengetahui cara menanam tomat agar berbuah banyak adalah hal yang penting. Menanam tomat bisa dilakukan di kebun atau pada lahan sawah, lahan pekarangan rumah, dalam polybag atau pot, dan hidroponik.

Cara menanam tomat dan merawatnya hampir sama, yang membedakan hanya lahan dan media tanam. Namun, dalam budidaya tomat, baik skala besar maupun untuk konsumsi sendiri, hasil akhir yang diharapkan tentu saja adalah buahnya melimpah.

Dikutip dari laman Cybex Kementrian Pertanian RI, Rabu (7/12/2022), berikut beberapa tips menanam tomat agar berbuah banyak.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Umum Terjadi saat Menanam Tomat, Apa Saja?

 

Ilustrasi hidroponik tomatFREEPIK/ALEKSANDARLITTLEWOLF Ilustrasi hidroponik tomat

1. Benih berkualitas bagus

Syarat pertama agar tomat berbuah banyak adalah pilih benih berkualitas bagus. Benih bisa didapat dari Balai Pertanian atau di toko benih.

Pun benih tomat berkualitas bisa diperoleh dari toko online. Benih tomat berkualitas bagus bisa juga dibuat sendiri yaitu dari buat tomat yang sudah matang sempurna.

Biasanya petani tomat berkelanjutan membuat benih tomat sendiri. Caranya, pilih pohon tomat yang tumbuh subur dan berbuah banyak.

Biji tomat dikeluarkan dan dibersihkan dan jemur sampai kering kira-kira tersisa 6 persen kadar air.

Baca juga: Catat, Ini Pupuk untuk Tomat agar Tumbuh Subur

2. Pilih jenis tomat dataran rendah atau dataran tinggi

Syarat tomat berbuah banyak berikutnya adalah sesuaikan jenis tomat dengan area tanam setempat. Jika daerah dataran tinggi pilih jenis tomat dataran tinggi atau jika area tanam dataran rendah pilih jenis tomat dataran rendah.

Beberapa jenis tomat yang cocok untuk dataran rendah antara lain varietas ratna, mutiara, zamrud, opal, dan lainnya. Adapun beberapa jenis tomat yang cocok untuk dataran tinggi antara lain varietes berlian, mutiara, f1, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com