Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menanam Kumis Kucing di Pekarangan Rumah

Kompas.com - 10/01/2023, 16:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kumis kucing merupakan tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Kumis kucing diketahui bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula, dan lain sebagainya.

Manfaat yang beragam membuat banyak orang tertarik menanam kumis kucing di rumah. Dikutip dari situs Dinas Pertanian Provinsi Yogyakarta, Selasa (10/1/2023), berikut ini cara menanam kumis kucing di pekarangan rumah dengan mudah.

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam kumis kucing dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, olah lahan sampai gembur dan tambahkan kompos agar tanah semakin subur. Kemudian, buat lubang tanam ukuran 30 x 30 x 30 cm.

Baca juga: Manfaat Binahong, Tanaman Obat Kaya Khasiat Kesehatan

Penanaman

Ilustrasi tanaman kumis kucing, menanam kumis kucingPixabay/ignartonosbg Ilustrasi tanaman kumis kucing, menanam kumis kucing

Bibit tanaman kumis kucing diperoleh dari hasil stek batang tanaman sebelumnya. Stek tersebut bisa langsyng ditanam di lahan atau ditanam pada persemaian terlebih dahulu.

Berikutnya, bibit tersebut bisa ditanam pada lubang tanam yang sudah dibuat. Lalu, tutup lubang tanam tersebut dengan tanah dan siram sampai basah.

Perawatan tanaman

Agar tanaman kumis kucing tumbuh dengan baik, maka perlu dirawat dengan maksimal. Perawatan yang dibutuhkan antara lain;

Baca juga: Sering Digunakan sebagai Obat, Begini Cara Menanam Sirih yang Benar

  • Penyulaman: diperlukan untuk mengganti tanaman yang mati atau pertumbuhannya tidak baik.
  • Penyiangan: kegiatan perawatan tanaman ini bertujuan untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.
  • Pemupukan: pemberian pupuk susulan akan membuat tanaman tumbuh lebih baik. Jumlah pupuk yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.
  • Panyiraman: kegiatan penyiraman dilakukan untuk memastikan tanaman tidak kekurangan air. penyiraman bisa dilakukan 1 hingga 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi tanaman.
  • Penyemprotan pestisida: apabila terdapat gejala serangan hama maupun penyakit tanaman, lakukan penyemprotan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca juga: Kaya Manfaat, Ini 6 Cara Menanam Serai

Panen

Panen kumis kucing bisa dilakukan dengan memetik daun tanaman tersebut. Pemanenan bisa dilakukan 2 hingga 3 minggu sekali pada kondisi pertumbuhan yang optimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com