Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Ciri-ciri Alpukat yang Siap Panen

Kompas.com - 11/01/2023, 15:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanenan tepat waktu turut mempengaruhi kualitas alpukat yang dipanen. Kualitas buah alpukat yang maksimal membuat nilai jual buah ini menjadi mahal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri alpukat yang siap panen. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (11/1/2023), berikut ciri buah alpukat yang siap panen dan cara panennya.

Ciri-ciri alpukat siap panen

Buah alpukat yang sudah tua dan siap panen biasanya berumur 6 sampai 7 bulan setelah bunga mekar. Buah alpukat yang sudah tua biasanya memiliki kulit yang warnanya coklat atau merah dan tidak mengkilap.

Baca juga: Cara Panen dan Pasca Panen Alpukat agar Kualitasnya Tidak Menurun

Saat diketuk dengan punggung kuku akan mengeluarkan bunyi yang nyaring. Apabila digoyangkan, buah alpukat yang sudah matang akan terdengar bunyi goncangan dari biji buah tersebut.

tanaman alpukat berbuah banyakPIXABAY/ORTEGA ULLOA tanaman alpukat berbuah banyak

Cara panen alpukat

Cara panen alpukat bisa dilakukan secara manual dengan memetik buahnya menggunakan tangan. Akan tetapi, apabila pohon alpukat tidak memungkin untuk dipanjat, sebaiknya gunakan galah atau alat bantu lainnya.

Buah alpukat sebaiknya dipetik bersama tangkainya. Tujuannya agar buah tidak luka, mekar, atau kerusakan fisik lainnya.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Aligator agar Panen Setiap Saat

Setelah dipanen, buah segera dibersihkan, disortir, dan diperam agar kualitasnya tidak berkurang. Buah yang akan dikirim ke tempat lain, sebaiknya dikemas terlebih dahulu agar buah tidak rusak saat pengiriman.

Itulah penjelasan seputar ciri-ciri alpukat siap panen dan cara panennya. Lakukan kegiatan pemanenan dengan benar untuk menjaga kualitas buah yang dihasilkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com