Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Cincau dengan Benar agar Pertumbuhannya Maksimal

Kompas.com - 05/03/2023, 11:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman cincau merupakan tanaman merambat yang diameter batangnya kecil. Daun tanaman cincau sering diolah menjadi campuran minuman.

Selain menyegarkan dan rasanya enak, daun cincau juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mencegah darah tinggi dan sakit perut. Kebutuhan daun cincau cukup tinggi karena banyak orang yang mengolahnya sebagai makanan maupun minuman.

Maka dari itu, budidaya cincau cukup menguntungkan. Akan tetapi, untuk menghasilkan daun cincau yang bernilai jual tinggi, teknik budidaya tanaman ini harus dilakukan dengan benar.

Baca juga: Cara Menanam Daun Sirih dan Perawatannya agar Tumbuh Subur

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (5/3/2023), simak penjelasan seputar budidaya cincau berikut ini.

Pembibitan

Ilustrasi tanaman daun cincauShutterstock/Ikhsan Rosyadi Ilustrasi tanaman daun cincau

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat ingin menanam cincau yaitu menyiapkan bibit. Pembibitan cincau dapat dilakukan menggunakan biji, stek, atau cara merunduk. Anda bisa menyesuaikan cara pembibitan tersebut dengan jenis cincau yang akan ditanam.

Penanaman

Kegiatan penanaman cincau tak berbeda jauh dengan menanam tanaman lainnya. Penanaman cincau diawali dengan membuat lubang tanam, kemudian isi lubang tanam dengan kompos atau pupuk kandang.

Baca juga: Mengenal Tanaman Daun Dewa, Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat

Sebelum bibit ditanam, siapkan terlebih dahulu tiang panjatan yang terbuat dari bilah bambu. Setelah itu, tanam bibit di dekat tiang tersebut.

Pastikan akar tanam masuk ke dalam lubang tanam, kemudian tutup lubang tanam dengan tanah sembari dipadatkan.

Perawatan tanaman

Kegiatan perawatan tanaman meliputi penyiraman dan pemangkasan. Penyiraman harus dilakukan dengan rutin terutama saat musim kemarau.

Tanaman cincau yang kekurangan air akan menghasilkan daun yang kecil. Selain itu, lakukan juga pemangkasan untuk membuang batang yang sudah tua atau kering. Pemangkasan dapat memicu pertumbuhan tunas baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com