Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Lengkuas, Jahe, dan Kunyit yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 24/04/2023, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lengkuas, jahe, dan kunyit merupakan rempah-rempah yang biasanya dimanfaatkan sebagai jamu tradisional atau digunakan sebagai bumbu masakan. Sekilas lengkuas, jahe, dan kunyit memiliki bentuk yang sama.

Padahal saat diamati lebih seksama, ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Lalu, apa perbedaan lengkuas, jahe, dan kunyit? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Lengkuas

Lengkuas atau laos sering digunakan sebagai penyedap masakan. Rempah ini memiliki rimpang besar, tebal, berdaging, dan memiliki bentuk silindris.

Baca juga: Cara Menanam Lengkuas agar Rimpangnya Melimpah

Diameter rimpang ini sekitar 2 hingga 4 cm dan memiliki cabang. Bagian luas dari lengkuas berwarna coklat kemerahan atau kuning hijau pucat. Biasanya, terdapat sisik putih atau kemerahan yang keras dan mengkilap.

Ilustrasi lengkuasFreepik/jcomp Ilustrasi lengkuas

Daging lengkuas yang sudah tua mempunyai serat yang kasar. Rasa rempah ini memiliki aroma harum karena mengandung minyak atsiri.

Jahe

Menurut penjelasan di situs Subdirektorat Tanaman Obat, Kementerian Pertanian RI, berdasarkan warnanya jahe terbagi menjadi dua jenis yaitu jahe putih dan merah.

Sementara itu, jika dilihat dari ukurannya, ada jahe yang besar dan kecil. Maka dari itu, terdapat tiga kultivar jahe yang terkenal yaitu jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah.

Baca juga: Cara Menanam Jahe Merah di Karung. Hemat Tempat dan Minim Perawatan

Rimpang jahe memiliki aroma khas yang menyengat dan rasanya pedas. Daging rimpang jahe memiliki warna putih kekuningan yang besar dan beruas.

Jahe emprit memiliki rimpang berwarna putih berukuran sedang, rusak agak rata, dan sedikit menggembung. Sedangkan jahe merah memiliki rimpang berwarna merah, bentuknya kecil, dan memiliki ruas agak rata serta sedikit menggembung.

Kunyit

Rempah lainnya yang sering digunakan sebagai bumbu masakan yaitu kunyit. Rempah ini cukup mudah dikenali.

Dalam buku Kiat Sukses Budidaya Bawang Merah, disebutkan bahwa bahwa rimpang kunyit memiliki daging berwarna kuning tua. Kulit rimpang ini memiliki warna coklat. Warna kuning dari kunyit juga sering dijadikan sebagai pewarna alami.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Tanaman, Bisa Membasmi Hama

Itulah beberapa perbedaan lengkuas, jahe, dan kunyit. Beberapa perbedaan tersebut penting untuk dipahami agar tidak salah saat menggunakan rimpang-rimpang tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com