Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Kompas.com - 10/05/2023, 14:04 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekarangan adalah area lahan yang dekat dengan bangunan. Misalnya lahan di dekat rumah yang kemudian disebut dengan pekarangan rumah.

Biasanya, pekarangan rumah merupakan lahan sisa bangunan sehingga tidak terlalu luas dan seringkali tidak dimanfaatkan. Padahal, lahan tersebut bisa menjadi tempat budidaya tanaman.

Hasil panennya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau diperjual belikan jika hasilnya melimpah. Lantas, apa saja tanaman yang cocok ditanam di pekarangan rumah?

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (10/5/2023), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 8 Sayuran yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah, Apa Saja?

Tanaman sayur

Tanaman sayur menjadi salah satu jenis tanaman pekarangan rumah yang mudah dibudidayakan. Contoh sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah seperti buncis, terong, bawang daun, bayam, kangkung, sawi, dan sayuran lainnya.

Ilustrasi kebun, berkebun di pekarangan rumah. UNSPLASH/MARKUS SPISKE Ilustrasi kebun, berkebun di pekarangan rumah.

Hal yang penting untuk dipertimbangkan saat hendak menanam sayuran di halaman rumah yaitu pastikan kondisi lingkungan sesuai dengan syarat tumbuh sayuran tersebut. Anda juga perlu merawat tanaman sayur dengan rutin agar tanaman tumbuh dengan baik dan hasil panennya melimpah.

Tanaman buah

Selain sayuran, jenis tanaman lain yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah yaitu tanaman buah. Nantinya, buah yang dihasilkan bisa dikonsumsi sendiri atau dijual.

Baca juga: Panduan Merawat Tanaman Sayuran di Halaman Rumah

Jika pekarangan rumah tidak terlalu luas, Anda bisa menanam buah dalam pot atau tabulampot. Beberapa contoh tanaman buah yang bisa ditanam di halaman rumah antara lain; melon, anggur, pisang, jambu air, kelengkeng, jeruk pepaya, dan strawberry.

Tanaman obat

Tanaman obat seperti jahe dan kunyit juga bisa ditanam dengan mudah di pekarangan rumah. Menanam tanaman obat di rumah memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan.
Jadi, Anda dan keluarga tak perlu membeli obat kimia. Cukup olah tanaman obat dari kebun menjadi jamu atau obat herbal.

Tanaman hias

Jenis tanaman yang cocok ditanam di pekarangan rumah lainnya yaitu tanaman hias. Tanaman ini akan membuat pekarangan rumah nampak lebih asri dan indah.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias Daun yang Corak dan Warnanya Cantik

Beberapa jenis tanaman hias yang dapat dipilih, antara lain; bunga kertas, bunga kamboja, aglonema, kaktus, dan jenis bunga lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com