Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penyiraman Tanaman Buah dengan Efektif

Kompas.com - 17/06/2023, 12:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyiraman merupakan salah satu bentuk perawatan tanaman buah yang penting untuk dilakukan. Pemberian yang cukup dan rutin dapat membantu tanaman tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan yang baik turut mempengaruhi hasil panen dari tanaman tersebut. Pemberian air biasanya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini tips menyiram tanaman buah dengan efektif.

Baca juga: Tips Penyiraman Tanaman Bawang Putih agar Tumbuh Subur

Waktu penyiraman

Di musim kemarau, penyiraman sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Sangat tidak dianjurkan menyiram tanaman di malam hari karena bisa mengganggu proses fisiologis tanaman.

Irigasi lahan pertanian yang menggunakan pipa dan pancuran untuk menyiram tanaman. pixabay.com Irigasi lahan pertanian yang menggunakan pipa dan pancuran untuk menyiram tanaman.

Saat musim hujan tiba, tanaman akan terkena air hujan secara otomatis sehingga tidak perlu disiram. Akan tetapi, jika tidak terkena air hujan tanaman tetap perlu disiram. Namun, jumlah dan frekuensinya tidak sebanyak penyiraman disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Apabila media tanam masih basah, sebaiknya tidak perlu disiram. Namun, jika terlihat kering, sebaiknya segera lakukan penyiraman secukupnya.\

Baca juga: Teknik Penyiraman Tanaman Bawang Merah yang Benar

Perhatikan jumlah air yang diberikan

Jumlah air yang diberikan saat tanaman berada di fase vegetatif tentu berbeda dengan tanaman yang sedang dalam fase generatif. Pada fase vegetatif, tanaman memerlukan jumlah air yang cukup banyak untuk menunjang pertumbuhannya.

Sementara itu, di fase generatif sebaiknya penyiraman tidak boleh terlalu banyak karena bisa menyebabkan tanaman berbunga dan berbuah. Penyiraman juga harus hati-hati agar bunga dan buah rontok.

Lakukan penyiraman dengan benar

Tips menyiram tanaman buah selanjutnya yaitu dengan memperhatikan cara penyiramannya. Pemberian air harus dilakukan dengan merata ke seluruh bagian tanaman, dari daun, cabang, ranting, batang, hingga media tanam.

Penyiraman air secara merata juga berguna untuk membersihkan tanaman dari debu dan membuat tanaman terlihat lebih segar. cara penyiraman konvensional bisa menggunakan ember, gayung, gembor, atau sprayer.

Baca juga: Cara Penyiraman Kentang yang Baik agar Tidak Layu

Sementara itu, penyiraman modern bisa menggunakan sprinkler atau sistem irigasi tetes. Dengan menggunakan sistem modern, air akan otomatis mengalir ke tanaman, sehingga penyiraman menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com