Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Tanaman Buah Cepat Panen, Apa Saja?

Kompas.com - 26/03/2023, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, tanaman buah terbagi menjadi dua jenis yaitu tanaman buah semusim dan tahunan. Tanaman buah semusim memiliki masa panen lebih cepat dibandingkan dengan jenis tanaman tahunan.

Beberapa jenis tanaman buah cepat panen, antara lain; melon, semangka, blewah, dan strawberry. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Melon

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (26/3/2023), melon merupakan tanaman dari suku timun-timunan. Melon merupakan tanaman yang tumbuh menjalar di permukaan tanah.

Baca juga: Tips Memilih Melon yang Matang dan Manis

Ilustrasi buah melon.PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi buah melon.

Tanaman melon akan tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan suhu antara 25 sampai 30 derajat Celcius dan curah hujan 1500 sampai 2500 mm/tahun. Tanaman buah ini cukup mudah dibudidayakan dan masa panennya juga relatif cepat.

Umumnya, tanaman melon bisa dipanen setelah berumur 3 bulan. Ciri tanaman melon yang siap panen yaitu pada bagian kulit buahnya memiliki jala, warna kulitnya hijau kekuningan, dan memiliki aroma khas yang tajam.

2. Semangka

Masih satu kerabat dengan melon, semangka juga termasuk jenis tanaman buah cepat panen. Tanaman ini sangat cocok ditanam di daerah dengan curah hujan 40 sampai 50 mm/bulan dan suhu 25 hingga 30 derajat Celcius.

Semangka bisa ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Namun, tanaman semangka akan tumbuh dengan maksimal pada ketinggian 300 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Cara Budidaya Semangka agar Buahnya Besar dan Manis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com