Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Tanaman Kemiri agar Panennya Maksimal

Kompas.com - 19/06/2023, 15:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Penambahan kemiri dalam masakan akan memberikan rasa gurih yang lezat.

Tak hanya itu, rempah ini juga ternyata bisa ditanam dengan mudah. Namun, untuk menghasilkan biji kemiri berkualitas, perawatan tanaman ini harus dilakukan dengan maksimal.

Melansir dari situs Fakultas Pertanian, Universitas Medan Area, Senin (19/6/2023), perawatan tanaman kemiri meliputi pemupukan, penyiraman, penyiangan, penggemburan tanah, penanaman kembali, dan penjarangan tanaman. Simak cara merawat tanaman kemiri berikut ini.

Baca juga: Cara Menanam Kemiri Lengkap dengan Perawatannya

1. Pemupukan berimbang

Kemiri membutuhkan pupuk untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik atau pupuk kimia. Pemupukan harus dilakukan setahun sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kemiri.

Ilustrasi hasil panen budidaya kemiriShutterstock/Yessi Frenda Ilustrasi hasil panen budidaya kemiri

2. Penyiraman secukupnya

Penyiraman dilakukan untuk mencegah tanaman kering terutama saat musim kemarau. Selain itu, penyiraman juga membantu penyerapan nutrisi dengan lebih mudah. Frekuensi penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari atau menyesuaikan kondisi lingkungan.

3. Lakukan penyiangan

Tips merawat tanaman kemiri berikutnya yaitu melakukan penyiangan untuk membersihkan gulma maupun tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman kemiri. Kegiatan ini diperlukan untuk mencegah persaingan antara gulma dengan tanaman budidaya.

Baca juga: Pedoman Budidaya Kemiri yang Baik dan Benar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com