Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Panen dan Pasca-panen Ketumbar yang Benar

Kompas.com - 14/05/2023, 18:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Rasa ketumbar yang segar, harum, dan sedikit pedas membuatnya menjadi bahan makanan yang populer dalam masakan Asia.

Ketumbar berbentuk biji-bijian yang cara penggunaannya dihancurkan atau digiling menjadi bubuk. Biji ketumbar mengandung minyak esensial yang memberikan aroma dan rasa khas pada rempah-rempah ini.

Tanaman ketumbar sekilas mirip dengan tanaman seledri dan parsley, karena bentuk daunnya yang lebar dan lancip. Biji ketumbar dipanen dari bunga yang sudah mengering.

Baca juga: Cara Menanam Ketumbar dalam Pot, Mudah untuk Pemula

Cara pasca panen ketumbar perlu diperhatikan dengan baik, untuk menjaga kualitas ketumbar. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini tahapan panen dan pasca panen ketumbar yang perlu diperhatikan.

Biji dan daun ketumbarShutterstock/boommaval Biji dan daun ketumbar

Panen

Tanaman ketumbar dapat mulai dipanen setelah berumur 3 sampai 3.5 bulan. Biji ketumbar berada pada di dalam bunga ketumbar.

Pemanenan dilakukan ketika bunga tersebut sudah mengering, sehingga terlihat biji ketumbar yang berwarna coklat. Potong tangkai bunga ketumbar untuk cara panennya.

Pasca panen ketumbar

Setelah dipanen, ketumbar akan melalui tahapan pasca panen. Berikut langkah-langkahnya:

Baca juga: Cara Menanam Kemiri Lengkap dengan Perawatannya

1. Pengumpulan

Setelah dipanen, kumpulan biji ketumbar dalam satu wadah. Biji ketumbar ini mudah lepas, jadi letakan dengan benar supaya tidak berceceran. Kumpulkan pada tempat yang teduh, sehingga terhindar hujan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com