Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 21/07/2023, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman hias yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah cocor bebek (Kalanchoe pinnata atau Bryophyllum pinnatum).

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (21/7/2023), tanaman cocor bebek mudah tumbuh di parit, kebun, bahkan tumbuh subur di tanah berbatu. Daun cocor bebek tebal berdaging dan mengandung banyak air, sedangkan batangnya lunak dan memiliki ruas.

Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda. Tanaman cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun dan akan menumbuhkan tunasnya pada bagian tepi daun.

Baca juga: 10 Manfaat Leci untuk Kesehatan

Tanaman cocor bebekShutterstock/Lukito Aries Wibowo Tanaman cocor bebek

Cara berkembang biak cocor bebek disebut tunas adventif, yakni perkembangbiakan tumbuhan dengan menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang.

Cocor bebek berbunga (Kalanchoe blossfeldiana) adalah spesies tanaman hias bunga yang berasal dari genus kalanchoe atau cocor-bebek yang berasal dari Afrika.

Sesuai namanya, tanaman ini termasuk keluarga tumbuhan cocor bebek namun lebih sering berbunga, sehingga diminati sebagai tanaman hias.

Seiring berkembangnya tren merawat tanaman hias, cocor bebek adalah salah satu tanaman yang popularitasnya meningkat pula. Tanaman ini cocok untuk ditanam di dalam pot hias sebagai dekorasi ruangan maupun teras rumah.

Baca juga: Manfaat Jengkol untuk Kesehatan dan Efek Negatifnya

Daun cocor bebek diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun cocor bebek memiliki kandungan senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, steroid, lipid, komponen alifatik dan lainnya.

Tanaman cocor bebek pun mengandung vitamin C, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, dan bryophyllin A (senyawa yang bersifat antitumor).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com