Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Cabai Rawit Hijau, Bisa Dipanen Berkali-kali

Kompas.com - 05/08/2023, 23:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia sangat menyukai rasa pedas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masakan nusantara yang menggunakan cabai rawit.

Cabai rawit mengeluarkan rasa yang pedas karena memiliki kandungan capsaicin pada bijinya. Tanaman cabai rawit memiliki berbagai jenis, dan setiap jenisnya memiliki tingkat kepedasan yang berbeda.

Salah satu jenis cabai rawit yang populer yaitu cabai rawit hijau. Walaupun warnanya masih hijau, namun cabai rawit hijau masih memiliki rasa pedas yang kuat.

Baca juga: Begini Cara Semai Cabai Rawit Anti Gagal

Cara menanam cabai rawit hijau tidak jauh berbeda dengan cabai rawit jenis lainnya. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (5/08/2023), berikut ini cara menanam cabai rawit hijau.

1. Pilihlah benih berkualitas

Cabai rawit yang sudah dipindahkan ke bedengan Kompasianer Ozy V Alandika Cabai rawit yang sudah dipindahkan ke bedengan

Benih memiliki peranan penting dalam menentukan hasil panen yang optimal pada tanaman cabai rawit hijau. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih benih cabai rawit hijau yang unggul dan berkualitas.

Pastikan Anda memilih benih cabai rawit hijau dengan label berwarna biru yang sudah bersertifikat resmi. Benih cabai rawit hijau dapat diperoleh di toko pertanian terdekat.

2. Penyemaian Benih

Setelah memperoleh benih yang tepat, langkah menanam cabai rawit hijau berikutnya yaitu penyemaian benih untuk dijadikan bibit. Berikut langkah-langkah menyemai benih cabai rawit hijau:

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam untuk Cabai Rawit di Polybag

a. Persiapan Wadah Penyemaian

Siapkan wadah semai seperti tray semai yang memiliki lubang drainase di bagian bawahnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com