Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Kualitas Cabai Merah agar Nilai Jualnya Tinggi

Kompas.com - 14/06/2023, 12:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai merupakan salah satu sayuran buah yang nilai ekonomisnya tinggi. Sayangnya, sayuran ini memiliki sifat mudah rusak.

Oleh karena itu, kualitas cabai perlu dijaga dengan maksimal agar nilai jualnya tidak berkurang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan panen dan pasca-panen cabai dengan baik.

Pemanenan yang benar dan tindakan pasca panen yang tepat akan membuat cabai lebih tahan lama dan nilai jualnya terjaga. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (14/6/2023), berikut ini tips menjaga kualitas cabai merah dengan mudah.

Baca juga: Tips Penanganan Pasca-panen Cabai agar Tidak Mudah Rusak

1. Panen tepat waktu

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas cabai merah yaitu dengan melakukan panen tepat waktu. Masa panen cabai sangat dipengaruhi oleh varietas, lokasi tanam, hingga pemberian pupuk.

Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/TATIANA MALIUK Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.

Penanaman di tempat yang sama, namun varietasnya beda akan membuat masa panennya berbeda. Selisih masa panen cabai di lahan dataran rendah dan tinggi sekitar 10 hari.

Sementara itu, pemberian pupuk yang terlalu banyak akan membuat panen tertunda. Sebaliknya, saat pupuk P terlalu banyak diberikan, maka panen cabai bisa menjadi lebih cepat.

Pemupukan tidak berimbang akan merugikan budidaya cabai. Untuk kebutuhan industri, panen cabai hibrida biasanya dilakukan 5 sampai 7 hari sekali dengan masa panen sekitar 2 hingga bulan setelah panen pertama.

Baca juga: Tips Menanam Cabai Bebas Hama dan Penyakit

2. Perhatikan ciri cabai siap panen

Cabai yang siap dipanen umumnya memiliki buah yang matang hingga 90 persen. Buah cabai yang sudah siap panen juga memiliki warna merah dan tidak tidak ada blang hitam.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com