Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Tujuan dan Cara Pemangkasan Tanaman Cabai

Kompas.com - 26/06/2023, 21:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai termasuk komoditas penting yang nilai jualnya tinggi. Budidaya cabai sebenarnya cukup mudah, namun untuk meningkatkan produktivitas tanaman perlu perawatan yang maksimal.

Salah satu perawatan tanaman cabai yang perlu dilakukan yaitu pemangkasan. Lantas, apa tujuan pemangkasan tanaman cabai? Dan bagaimana cara pemangkasan cabai yang benar? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Tujuan pemangkasan pada tanaman cabai

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (26/6/2023), tujuan pemangkasan dilakukan untuk mendapatkan pencabangan yang banyak. Dengan cabang yang banyak, maka potensi hasilnya semakin tinggi.

Baca juga: 5 Cara agar Tanaman Cabai Cepat Berbuah

Selain memperbanyak cabang, pemangkasan juga berguna untuk memperbanyak bunga. Banyaknya bunga juga mempengaruhi hasil panen cabai. Semakin banyak bunganya, semakin banyak buah cabai yang bisa dipanen.

Cara pemangkasan tanaman cabai

Untuk mendapatkan cabang yang banyak, salah satu caranya dengan memangkas pucuk tanaman. Pemangkasan bisa dilakukan dengan menggunakan gunting.

Pemangkasan dilakukan saat tanaman berumur 1 bulan setelah tanam. Pemangkasan bagian pucuk tanaman 2 hingga 3 helai daun di pucuk tanaman.

Setelah pemangkasan, semprotkan pestisida organik agar bekas luka tidak mudah terinfeksi patogen. Biasanya 2 minggu setelah pemangkasan, bakal cabang kan muncul di setiap ketiak daun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com